Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Gitar dengan Windows 11



Dirumah saya memiliki Gitar Fender Stratocaster yang cukup saya suka karena bagaimanapun ini adalah gitar elektrik pertama saya. Nah untuk menambah integrasi antara kedua hobi saya, yaitu main gitar dan mengulik Windows, kenapa tidak kita hubungkan saja keduanya, karena jika dihubungkan tentu kita bisa mengatur gitar dengan menambahkan effect dari Guitar Rig. 

Untuk menghubungkan gitar sendiri, kamu membutuhkan beberapa perangkat, dan dalam kasus saya, disini kamu membutuhkan sebuah Guitar Link bebas mau merek apapun, dan satu buah USB Audio Interface agar output audio bisa kamu pisahkan ke Speaker. 

Untuk Guitar Link sendiri saya menggunakan merek antah berantah dengan harga Rp.200.000, sedangkan untuk USB Audio Interface saya menggunakan merek Ugreen yang mana selain audio input, ada port audio output ke headphone dan speaker juga. 



Nah kemudian hubungkan semuanya, baik Guitar Link, USB Audio Interface dengan konfigurasi seperti berikut: 

Output USB Audio Interface kamu hubungkan ke Speaker, Input Gitar di Guitar Link kamu hubungkan dengan Gitar kamu via kabel Jack 6.5mm, dan hubungkan Guitar Link dan USB Audio Inteface ke Windows kamu. Kemudian silahkan kamu buka Device Manager dan harus tampil seperti pada gambar berikut. 


Oke jika sudah tersambung, silahkan kamu download Guitar Rig, jika sudah ada dan sudah kamu install, silahkan klik File >  Audio and MIDI Settings > kemudian Konfigurasi dengan pengaturan ASIO4ALL v2 sebagai berikut.



Nah seperti pada gambar diatas, untuk KT USB Audio itu adalah Output ke Speaker via USB Audio Interface tadi, dan TI PCM2902 USB Codec, itu adalah Input dari Gitar, pastikan In dan Outnya kamu sesuaikan dengan perangkat kamu. 

Dan jika sudah selesai, pada pengaturan Windows, pastikan opsi Windows Sound Output sudah masuk ke USB Audio Interface yang kita gunakan. 


Dan selesai deh, sekarang kamu Gitar dan Windows sudah terhubung dan kamu bisa menggunakan banyak efek dari Guitar Rig. Masih bingung?, jika masih bingung nanti akan saya buatkan tutorialnya, itupun jika sempat dan banyak request dikolom komentar dibawah ya. 

Terima kasih. 

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Gitar dengan Windows 11"