Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kerja Hanya Menggunakan Huawei Matepad 10.4



Halo semuanya, sudah lama banget ya saya enggak nulis artikel di blog ini, nah mulai kedepannya, insyallah saya akan lebih sering update karena kebetulan saya sekarang pake tablet untuk kerja harian, baik di kantor, nulis di WinPoin, dan mungkin di blog ini.
 
Nah kenapa saya pake tablet?, kemanakah laptop kesayangan saya?, alesannya sih untuk membiasakan diri saja, soalnya dengan tablet, perangkat ini lebih ringan dan lebih mudah dibawa, selain itu batterynya juga sangat awet jika dibandingkan dengan laptop saya. 

Sedangkan untuk laptop, ada kok, dan selalu standby 24/7 karena saya mengaksesnya menggunakan Teamviewer. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya bekerja harian dengan hanya menggunakan Huawei Matepad 10.4. 

Perangkat Yang Digunakan, dan Kenapa?

Nah saya menggunakan Tablet dan Huawei, yaitu Huawei Matepad 10.4 keluaran tahun 2020 yang masih menggunakan processor Kirin 810, saya membeli perangkat ini second hand dari orang Bandung yang kebetulan dijual cukup murah dan sudah termasuk dengan Huawei Smart Keyboard nya, jadi saya termasuk untung lah disini, karena kondisi barang ini masih sangat bagus dan masih sangat worth it untuk digunakan. 

Kenapa saya menggunakan Huawei, dan bukan Samsung atau iPad?, alesannya sih karena Dana yang terbatas, namun selain itu, saya juga cukup suka dengan harmony os dari Huawei ini, dan meskipun tidak membawa Google Play Service, namun semua aplikasi Android yang biasa saya gunakan masih dapat berjalan dengan sangat baik. 

Aplikasi Yang Saya Gunakan?

Untuk aplikasi, saya sering bekerja menggunakan browser yaitu Google Chrome dan Firefox, selain itu tentu Bitwarden, Notion, dan sejumlah aplikasi lain ikut menemani pekerjaan saya, dan semuaya bisa berjalan dengan baik di perangkat ini. 




Namun mungkin memang ada sejumlah aplikasi yang tidak dapat berjalan, dimana aplikasi tersebu sangat ketergantungan dengan Google Play Service, misalkan Money Lover, Tix ID, dan sejumlah aplikasi lainnya.  Tetapi, meskipun begitu, hingga saat ini saya tidak mendapati masalah apapun dengan kompatibilitas perangkat ini pada pekerjaan harian saya. 

Daya Tahan Battery

Nah satu hal yang saya suka dari Huawei Matepad 10.4 ini adalah daya tahan battery yang menggila banget, dibandingkan dengan laptop saya, saya bisa bekerja di perangkat ini seharian penuh tanpa harus charge perangkat ini. 




Jadi, misalkan saya isi full dipagi hari, malam hari masih tersisa sekitar 30% an, dan itu masih sangat banyak, saya bisa lanjut nonton film, membaca komik dan lain sebagainya. Contohnya bisa kamu lihat pada gambar diatas, dimana dalam screen on time selama 1 jam, kapasitas battery dari 100% tidak berkurang sedikit pun dan itu membuat asya bangga. 

Keyboard Experience

Untuk smart keyboard yang selalu menempel di perangkat ini, meskipun tampilannya kecil dan tipis, setelah cukup terbiasa, saya tidak mendapati masalah dengan pengalaman mengetik diperangkat ini, kenapa? karena pada dasarnya sama sama, selama posisi huruf sama seperti keyboard umumnya, saya masih bisa mengetik dengan cepat dan akurat. 




Selain menggunakan smart keyboard saya juga bisa menghubungkan keyboard Logitech yang saya punya dengan menggunakan USB OTG, dengan itu pengalaman mengetik menjadi lebih asik dan lebih baik lagi. 



Namun jika tanpa keyboard, saya tidak terbiasa, karena dengan mengetik di layar, rasanya selalu typo dan kurang bersahabat dengan jari jari saya ini. 

Apakah Bisa Membantu Pekerjaan Saya?

Jika disimpulkan, tentu saja bisa dan sangat membantu pekerjaan saya, karena kini saya bisa menulis kapanpun dan dimanapun, karena ukuran perangkat ini cukup ringkas, tentu saja membuat beban di punggung saya lebih ringan jika dibandingkan dengan membawa laptop, selain itu dengan kompatibilitas aplikasi, pengalaman mengetik dan daya tahan battery yang baik, saya yakin perangkat ini sangat membantu pekerjaan saya.

Namun tentu jika kita ingin mengedit sesuai misalkan dengan affinity photos, atau bekerja dengan menggunakan aplikasi seperti terminal, visual studio code, dan aplikasi desktop lain, perangkat ini kurang cocok, meski memang kita bisa menggunakan team viewer, untuk melakukan hal itu secara jarak jauh. 

Dapat dikatakan, perangkat ini sangat cocok jika kamu ingin menjadikan perangkat ini sebagai secondary device, dan hanya kamu jadikan sebagai perangkat untuk bekerja (mengetik, dan melakukan hal sederhana lainnya) secara mobile dimanapun dan kapanpun, pekerjaan tersebut tentu tidak termasuk mengedit foto atau video secara professional atau melakukan kerja berat lain, karena sekali lagi meskipun perangkat ini bisa, namun ada batasan yang ada di perangkat ini, termasuk ukuran storage, ukuran layar, port, dan kompatibilitas aplikasi itu sendiri. 

Nah artikel ini sendiri saya ketik menggunakan Huawei Matepad 10.4, dan mungkin dalam beberapa minggu kedepan saya akan terus mencoba membuat artikel menggunakan perangkat ini, serta memberikan update menarik mengenai perangkat ini pula.

Semoga artikel ini bermanfaat, untuk review dan hal lain mengenai perangkat ini, nanti akan saya share di artikel mendatang ya, pastikan kamu kunjungi terus blog ini. 

Terima kasih. 



Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Pengalaman Kerja Hanya Menggunakan Huawei Matepad 10.4"