Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saya Sudah Upgrade Ke Ubuntu 23.04, Banyak Perbaikannya!



Tepat tanggal 20 April 2023 kemarin Canonical merilis Ubuntu 23.04 Lunar Lobster secara resmi, dimana versi ini menghadirkan sejumlah fitur baru yang tentu akan saya bahas secara terpisah nanti, selain itu ada sejumlah perbaikan yang dihadirkan dan cukup saya suka, termasuk perbaikan pada context menu di files yang kadang saling bertumpuk pada sejumlah file tertentu. 

Sedikit informasi, sebelumnya saya menggunakan Ubuntu 22.10 Kinetik Kudu dan memperbarui system ke Ubuntu 23.04 melalui Software Updater yang tersedia secara default di system operasi Ubuntu yang saya gunakan. 



Hasil dari update ini cukup stabil dan system saya berjalan mulus tanpa ada masalah, namun untuk kamu yang ingin mencoba, kamu perlu melakukan backup menggunakan aplikasi sejenis timeshift atau dejadup untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, namun overall, semuanya berjalan mulus dan lancar. 

Dukungan aplikasi

Sejauh ini aplikasi yang saya gunakan berjalan mulus tanpa ada masalah, mulai dari aplikasi yang saya install melalui apt, snap dan app image semuanya berjalan tanpa ada masalah, namun pengecualian untuk OBS Studio yang saya install via apt, OBS Studio tidak bisa berjalan karena untuk versi Ubuntu 23.04 masih belum tersedia. 

Informasi ketersediaan PPA dari OBS Studio bisa kamu lihat pada halaman launchpad berikut. Namun sebagai gantinya, kamu bisa mendownload OBS Studio versi Snap yang tersedia di Ubuntu Software. 


Performa

Untuk performa sendiri, saya merasakan sedikit peningkatan performa pada sejumlah aplikasi, hal ini tentu adalah efek dari peningkatan pada GNOME 44 yang sudah secara otomatis hadir di Ubuntu 23.04, selain itu perpindahan aplikasi pun rasanya lebih smooth jika dibandingkan dengan Ubuntu 22.10 sebelumnya. 

Namun bagaimanapun tentu ini dipengaruhi oleh perangkat dan hardware yang kita miliki, tapi dengan Intel Core i5 7200 yang saya gunakan, Ubuntu 23.04 memiliki performa yang tidak mengecewakan menurut saya. 

Perbaikan

Untuk perbaikan sendiri, ada satu hal yang saya suka dan sudah lama saya tunggu, yaitu perbaikan pada aplikasi Files atau nautilus yang kini mendapati perbaikan pada context menu yang kadang bertumpuk seperti yang diungkapkan salah satu pengguna di halaman launchpad berikut


Namun seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, masalah tersebut kini telah diperbaiki dan selama saya menggunakan Ubuntu 23.04 tidak ada masalah yang sama kembali saya rasakan. 

Nah untuk kamu para pengguna OS Ubuntu, saya cukup menyarankan kamu untuk memperbarui system yang kamu gunakan, karena selain mendapatkan perbaikan, tentu ada banyak fitur baru yang juga hadir di versi ini. 

Untuk pembahasan mengenai fitur baru, nanti akan saya share di blog ini juga ya, stay tune saja guys. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Saya Sudah Upgrade Ke Ubuntu 23.04, Banyak Perbaikannya!"