Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Empat Gnome Shell Extensions Wajib Yang Harus Kamu Pakai Ala Blog Sayugi


Salah satu alasan kenapa saya lebih suka dengan Gnome dibandingkan KDE dan XFCE adalah karena adanya Gnome Shell Extensions, dimana dengan ini kita bisa menambahkan banyak fitur keren yang tentunya bisa membantu meningkatkan produktifitas kita dalam menggunakan system operasi Linux yang kita gunakan. 


Oh iya sebelumnya saya disini menggunakan Linux Ubuntu 22.10 yang ulasan singkatnya bisa kamu lihat pada halaman berikut, selain itu, jika kamu juga belum tahu, OS Linux favorit saya tetaplah Elementary OS, cukup kasih tahu saja. hehehe. 

Oke, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menunjukkan Gnome Shell Extensions apa saja yang wajib banget kamu install juga di Linux kamu nih, dan tentu semuanya bermanfaat untuk kita gunakan, apa saja sih? berikut adalah diantaranya. 

Clipboard Indicator

Jika kamu sudah terbiasa dengan Clipboard History di Windows 10 atau di Windows 11, maka fitur ini wajib banget kamu gunakan karena fungsinya adalah sama, dimana dengan Clipboard Indicator ini, kita bisa melihat history apa saja yang telah kita salin kedalam Clipboard untuk kita akses lagi kedepannya tanpa harus melakukan klik copy / salin ulang terlebih dahulu. 


Emoji Selector

Jika kamu sudah terbiasa juga chatting dengan menggunakan Emoji yang bisa kamu akses via Keyboard Shortcut Win + ' di Windows 10 atau Windows 11, maka kamu juga wajib menggunakan Emoji Selector dari Gnome Shell Extensions ini, dimana fungsinya adalah sama, yaitu menampilkan emoji untuk kita pilih dan kita gunakan dalam percakapan di Telegram atau WhatsApp. 


Caffeine

Jika kamu ingin agar layar kamu tetap menyala, kamu tidak perlu mematikan fitur Auto Suspend di System Operasi itu sendiri, kenapa? karena dengan Extensions Caffeine, layar bisa tetap menyala selama icon kopi sudah panas. 


GSConnect

Jika kamu kebetulan memiliki perangkat Android dan kebetulan juga kamu menggunakan Linux, maka kamu bisa menghubungkan perangkat Android dengan Linux dengan mudah menggunakan GSConnect, Untuk artikel mengenai instalasi dan konfigurasi GSConnect bisa kamu baca pada halaman berikut


Nah itulah empat Gnome Shell Extensions yang wajib kamu dapatkan, kamu bisa mendownload semuanya di Gnome Shell Extensions yang tersedia di Linux kamu ya, jika belum ada pastikan kamu telah menggunakan Gnome Desktop Environment dan telah menginstall Gnome Shell Extensions yang langkahnya bisa kamu baca pada halaman berikut

Ada yang lain? jangan sungkan untuk komen dibawah guys. 

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Empat Gnome Shell Extensions Wajib Yang Harus Kamu Pakai Ala Blog Sayugi"