Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install GNOME Extensions di Ubuntu 22.10 Kudu



Sebelumnya saya sudah menceritakan bahwa saya kini telah berpindah ke Ubuntu 22.10 sebagai system operasi utama yang akan saya gunakan kedepannya. Nah meskipun awalnya saya ingin membuat OS ini seminimal mungkin tanpa ada kustomisasi yang ditambahkan, nyatanya hal tersebut tidak bisa dilakukan, mengingat ada beberapa fitur yang harus saya tambahkan untuk membantu penggunaan sehari hari saya. 

Salah satunya adalah penambahan GNOME Extensions dimana dengan itu, kita bisa menambahkan Clipboard Indicator yang berfungsi sebagai clipboard history layaknya yang hadir di Windows. Dan kenapa saya butuh ini? seperti yang telah saya jelaskan diartikel sebelumnya, saya cukup ketergantungan dengan fitur clipboard history ini, karena kita bisa dengan mudah melihat apa saja yang telah kita salin sebelumnya ke clipboard. 

Oke, langsung saja deh, jika kamu juga kebetulan saat ini menggunakan Ubuntu 22.10 Kudu, dan ingin melakukan instalasi GNOME Extensions, berikut adalah langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Terminal. 

Langkah 2. Kemudian silahkan kamu masukkan perintah berikut: 

sudo apt-get install gnome-shell-extension-manager


Kemudian klik Enter dan install aplikasi seperti biasa, jika sudah selesai, kini GNOME Extensions sudah hadir di Applications Menu seperti pada gambar berikut. 



Nah dengan itu, kini kita bisa menginstall semua ekstensi dari GNOME Extensions, misalkan saja seperti Clipboard Indicator, Simple System Monitor dan lainnya. 
Nah silahkan dicoba guys, semoga berhasil dan semoga bermanfaat, kedepannya artikel mengenai Ubuntu 22.10 mungkin akan saya share kembali, mengingat OS ini kini telah menjadi OS utama saya. 




Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Install GNOME Extensions di Ubuntu 22.10 Kudu"