Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Menggunakan AnyViewer Pro Untuk Akses Perangkat Jarak Jauh



Halo semuanya, pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai Cara Instalasi AnyViewer di Windows 11 dan juga Cara Aktivasi AnyViewer Pro, nah setelah cukup lama saya menggunakan aplikasi ini untuk keperluan Remote Desktop, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk menulis pengalaman saya selama menggunakan aplikasi ini. 

Oke kita mulai dari pilihan versi yang tersedia di AnyViewer Pro dan kompatibilitas dengan system operasi-nya. 

Pilihan Versi dan Kompatibilitas System Operasi

Mengenai hal tersebut, dilansir dari halaman resmi AnyViewer, aplikasi ini tersedia dalam tiga system operasi yang berbeda, yang mana itu mencakup Windows, Android dan iOS, yang kita tahu, sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di system operasi Linux dan Mac, jadi bisa dikatakan aplikasi ini masih belum optimal untuk melakukan remote desktop multi platform ke OS Linux dan Mac. 


Dengan keterbatasan tersebut, dapat dibilang kita hanya bisa melakukan akses jarak jauh hanya OS Windows dari perangkat Windows lain, iOS dan Android saja. Dan sementara itu, pilihan dari versi AnyViewer ini sendiri cukup beragam, yaitu ada versi Free, Professional, dan Enterprise. 


Performa 

AnyViewer ini dapat dikatakan adalah aplikasi remote desktop yang ringan dan tidak memberatkan resource yang tersedia di perangkat kita, dimana hanya kurang dari 40 Mb RAM Usage, aplikasi ini sudah berjalan dengan sangat baik. 


Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, di Task Manager, AnyViewer ini dibagi dalam dua process berbeda, dimana itu adalah AnyViewer Client dan AnyViewer Core, tentu keduanya memiliki peran masing masing yang sangat penting, namun yang pasti keduanya tidak memberatkan perangkat kita. 

Harga dan Rekomendasi Versi Yang Digunakan

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar pricing diatas, AnyViewer ini memiliki versi dengan harga yang bervarian, mulai dari versi Free, Professional dengan harga 9.90 USD / bulan, dan Enterprise dengan harga 29.90 USD / bulan. Lalu versi apa yang saya rekomendasikan untuk kamu gunakan?

Menurut saya, untuk keperluan rumahan yang tidak membutuhkan High-Speed File Transfer, High Quality Image, dan Access in Privacy Mode, versi Free sudah cukup mengingat tidak ada perbedaan pada kompatibilitas aplikasi, dan juga fitur dasar lainnya. 


Tetapi, jika kamu membutuhkan akses ke banyak perangkat, membutuhkan High-Speed File Transfer, High Quality Image, dan Access in Privacy Mode, menggunakan versi Professional adalah yang saya rekomendasikan, karena di versi tersebut kamu bisa mengatur sekitar 100 perangkat. 

Namun jika kamu adalah ingin yang kelas perusahaan, dimana mungkin kamu setiap hari menjalankan Remote Desktop ke banyak sekali perangkat, versi Enterprise tentu yang terbaik untuk kamu gunakan. 

Berbicara mengenai versi dan varian tersebut, harganya tentu berbeda tergantung dengan versi tersebut, dan menurut saya, dengan harga versi Professional yang hanya 9.90 USD / bulan atau 4.16 USD / bulan jika kamu membayarnya satu tahun penuh, harga tersebut sangat worth it dibandingkan dengan aplikasi lain yang serupa. 

Pengalaman Penggunaan Saya

Dalam beberapa waktu, saya sering melakukan perjalanan ke luar kota hanya untuk liburan, mengingat pekerjaan saya sekarang lebih berfokus sebagai content writer saja, tentu terkadang saya tidak membawa laptop saya karena beratnya yang membuat punggung saya sakit ketika berkendara. 

Namun dengan hanya mengandalkan perangkat Tablet Huawei Matepad 10.4 2020 saya dan juga dibantu dengan AnyViewer Pro yang saya gunakan, saya bisa mengakses laptop saya di rumah darimana saja selama perangkat kedua perangkat yang saya gunakan terhubung ke Internet. 


Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, kita bisa mengontrol perangkat lain dari aplikasi AnyViewer via Start Control menu, sedangkan Accept Control akan berisi kode perangkat kita yang bisa kita akses dari perangkat lainnya. 


Nah gambar diatas, adalah contoh halaman connect dari aplikasi AnyViewer di Android, dimana kita bias memasukkan kode perangkat lain yang ingin kita akses disana. 


Kemudian, ketika kode perangkat sudah kamu masukkan, kita akan dilihatkan sejumlah menu yang berbeda, dimana itu mencakup remote control, view screen, lock, restart dan shutdown. 

Untuk menu Lock, Restart dan Shutdown sendiri, bisa kita akses jika kita ingin mematikan atau memerintahkan perangkat yang kita akses dari AnyViewer untuk lock, restart dan shutdown. Sementara itu, View Screen akan berfungsi hanya melihat layar yang sedang diakses saja, dan Remote Control kita mengontrol perangkat tersebut secara penuh. 


Nah contohnya seperti pada gambar diatas, dimana saya mengendalikan Laptop saya dari Huawei Matepad 10.4 yang saya gunakan. Dengan menu Remote Control ini, kita benar benar mengendalikan perangkat kita dari jarak jauh dengan kontrol penuh layaknya menggunakan perangkat tersebut secara langsung. 

Keterbatasan di Touchscreen

Namun kawan kawan, karena saya mengendalikan Windows 11 ini via Touchscreen yang saya akses dari AnyViewer yang saya buka pada perangkat Android, rasanya ada beberapa keterbatasan, mengingat tidak ada tablet mode di Windows 11 seperti di Windows 10. 

Selain keterbatasan tersebut yang mana sedikit menyulitkan kontrol tanpa mouse, semuanya berjalan tanpa ada masalah. Namun jika kita akses dari perangkat Windows lagi, maka ini adalah remote control terbaik yang saya gunakan dibandingkan dari Quick Assist atau Remote Desktop Connections di Windows 10 dan 11. 

Kenapa AnyViewer?

Ada banyak aplikasi lain yang serupa dengan AnyViewer, dan kenapa sih kamu bisa pilih AnyViewer? alasan saya sih cukup simple saja, karena pada versi free dari AnyViewer ini sendiri sudah cukup untuk membuat kamu bisa mengakses perangkat Windows dengan mudah dari Android atau iOS. 

Namun jika kamu memiliki perangkat multi platform termasuk kamu adalah pengguna Linux dan Mac, mungkin aplikasi ini kurang cocok dengan kamu, mengingat tidak ada pilihan untuk dua OS tersebut, dan itu salah satu yang saya sayangkan. 

Kesimpulan

Jika saya berikan nilai, AnyViewer ini memiliki nilai 7/10, dimana aplikasi ini adalah salah satu aplikasi remote desktop terbaik yang pernah saya coba, namun akan menarik jika aplikasi ini memiliki dukungan untuk perangkat Linux dan Mac, maka saya akan berikan nilai 10/10.

Dan secara keseluruhan, selama hampir 1 bulan lebih saya menggunakan aplikasi ini, saya benar benar puas dan merasa tercukupi seandainya saya harus bekerja dari mana saja dan harus mengakses perangkat yang tersimpan di rumah saya. 

Nah untuk kamu yang ingin mencoba AnyViewer Free, kamu bisa mendownloadnya melalui halaman https://www.anyviewer.com/download.html, silahkan mencoba guys, dan berikan komentarmu dibawah. 

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Pengalaman Menggunakan AnyViewer Pro Untuk Akses Perangkat Jarak Jauh"