Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elementary OS 7 Horus Dirilis, Banyak Perubahan Keren!



Wah sudah cukup lama kita tidak mendapatkan pembaruan dari Elementary OS, setelah kemarin kita mencoba Elementary OS 6.1 Jólnir, kini versi 7 telah dirilis dengan nama Horus. Sedikit informasi, Horus sendiri diambil dari nama salah satu dewa yunani, dan setelah cukup lama menggunakan nama nama dewa mitologi Nordik, apakah kedepannya Elementary akan menggunakan nama nama dewa mitologi yunani? hmm mari kita lihat saja guys. 


Nah di Elementary 7 Horus ini, ada sejumlah perubahan baru yang cukup menarik loh guys, apa saja sih perubahannya tersebut? berikut saya akan sedikit berikan ulasan singkatnya. 

Peningkatan AppCenter

Di Elementary OS 7 Horus, jika kita membuka AppCenter, aplikasi ini kini dibuat lebih menarik dengan tampilan yang bisa lebih disesuaikan dengan keinginan pengguna, nah kurang lebih tampilannya seperti pada gambar berikut: 


Tampilan ukuran jendela kini dibuat lebih responsive tanpa meninggalkan pengalaman dari tampilan utamanya, selain itu kawan kawan, kita juga bisa menggunakan touchpad gesture untuk bernavigasi, dengan two finger swipe kita bisa melakukan back navigations, dan ini keren loh. 
Selain itu, Deskripsi aplikasi juga kini dibuat lebih menarik dengan menghadirkan lebih banyak screenshot aplikasi pada halaman aplikasi di AppCenter. 


Selain itu nih, dibagian updates sendiri kini hadir dengan opsi automatic updates, namun pembaruan system akan dilakukan secara offline untuk memastikan layanan penting yang mungkin pengguna sedang buka dan gunakan tidak terjadi crash. 


Jadi kurang lebih sistemnya seperti ini, update akan didownload secara otomatis, kemudian setelah siap, maka pengguna bisa menginstallnya tanpa harus menunggu proses download terlebih dahulu, karena proses tersebut sudah dilakukan secara otomatis tersebut. 

Selain itu, untuk penggunaan aplikasi dari flathub kini peringatan ketika kita akan melakukan instalasi aplikasi akan dihilangkan, hal ini tentu akan mempermudah kita mendownload dan menginstall aplikasi dari flathub. 


Perubahan Icon

Nah salah satu yang mungkin akan terlihat sangat jelas adalah perubahan dari sejumlah icon yang telah hadir di Elementary OS, sebut saja icon Files yang kini hadir dengan kaca pembesar, icon Email, Code dan lainnya. 


Setiap perubahan icon di versi ini, ini dibuat untuk menyesuaikan jaman dengan tampilan icon yang lebih modern, sama seperti di Windows 11, Ubuntu dan lainnya. 

GTK4

Jika sebelumnya Elementary OS masih menggunakan GTK3, kini untuk menghadirkan lebih banyak peningkatan kinerja dan rendering itu sendiri, Elementary OS telah memperbarui versi OS nya dengan GTK4 terbaru, dimana beberapa aplikasi desktop mereka seperti Calculator, Sideload, Shortcuts, Music, dan Onboarding sudah mulai di porting ke GTK4. 

Untuk aplikasi lainnya tentu akan menyusul selama life cycle Elementary OS 7 masih berlaku, dan semuanya akan disesuaikan dan ditingkatkan. 

Secara umum, ada cukup banyak peningkatan yang dihadirkan di versi ini, namun saya sendiri belum terlalu menjelajah lebih jauh di Elementary OS 7, mengingat OS ini baru diluncurkan beberapa jam lalu. Namun dari impresi pertama saya ketika menggunakan OS ini, bisa dikatakan pengalaman penggunaan masih sama saja, namun perubahan icon dan perubahan tampilan lainnya yang cukup mengejutkan saya. 

Nah jadi untuk lebih jelasnya silahkan kamu coba sendiri deh guys, kamu sudah bisa mendownload Elementary OS 7 Horus ini dari halaman berikut
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Elementary OS 7 Horus Dirilis, Banyak Perubahan Keren!"