Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Universal Analytics Akan Digantikan Dengan Google Analytic 4

Setelah cukup lama saya tidak membuka dan mengakses menu Blogger, ternyata ada perubahan yang cukup menarik untuk kita bahas dan mungkin akan mengubah teknologi ini sepenuhnya, yap sesuai dengan yang mungkin kamu sudah tahu semuanya, bahwa Google akan mulai menghentikan Universal Analytic mulai pada 1 Juli 2023, meski memang pada dasarnya setelah tanggal tersebut kita masih bisa menggunakan Universal Analytic setidaknya 6 bulan untuk melakukan ekspor riwayat yang terjadi selama ini. 

Oke sebelum kita menjelajah lebih jauh, apa sih Universal Analytic ini? mari kita ungkap sedikit, pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun 2012, Universal Analytic ini berfungsi untuk melihat berapa jumlah pengunjung dan total tayangan website yang telah kita buat, tentunya dengan Universal Analytic ini, kita bisa dengan mudah menganalisa apa sih konten yang disukai pengguna, serta mendesain konten konten selanjutnya agar sesuai dengan tingkat ketertarikan pengguna berdasarkan hasil analisa dari data Universal Analytic. 



Nah contohnya seperti pada gambar diatas, sekilas kita bisa melihat angka angka yang menarik, mulai dari jumlah pengunjung, penghasilan dan lainnya. Untuk saya yang bekerja sebagai content writer tentu angka tersebut cukup penting agar menjadi acuan konten konten saya kedepannya. Dan meskipun akhir akhir ini dunia blogger sedang tidak baik baik saja karena dikalahkan oleh short video seperti TikTok, Instagram Reels dan Youtube Short, namun bagaimanampun data ini tetap harus kita perhatikan. 

Namun dengan adanya kabar pergantian ini, Universal Analytic yang telah kita lihat saat ini akan digantikan dengan teknolgi baru yang lebih canggih, disebut dengan GA4 atau Google Analytic 4 dengan fitur yang kurang lebih sama, milai dari sasaran/konversi dan tautan Google Ads yang ada pada properti Universal Analytics.

Tetapi yang membedakannya dari Universal Analytic adalah Google Analytics 4 bakal menggunakan mesin yang lebih canggih (Machine Learning) untuk lebih menyempurnakan semua data yang lebih luas untuk mengetahui segala sesuatu yang lebih baik agar bisnis anda berkembang lebih baik.

Dengan kata lain nih, GA4 dibuat untuk mengikuti perkembangan zaman yang terus semakin canggih. Sehingga, dengan GA4, kita tidak hanya mengandalkan kumpulan informasi saja, tetapi kita juga bisa mempelajari pengunjung atau pelanggan meskipun data pengguna itu sendiri tidak lengkap.

Yah intinya sih, Google Analytic 4 ini adalah versi penyepurnaan dan pembaruan dari Universal Analytic, dan perubahan ini tentu adalah hal baik, kedepannya kita akan coba untuk memulai Google Analytic 4, pastikan kamu stay terus di blog ini ya guys. 

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih, salam blogger Indonesia. 

Referensi : Google, All About GA4



Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Universal Analytics Akan Digantikan Dengan Google Analytic 4"