Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubungkan Linux Ubuntu Dengan Android Menggunakan GSConnect


Jika kamu kebetulan memiliki perangkat Android dan kebetulan juga kamu menggunakan Linux Ubuntu atau Linux lain, maka kamu masuk ke artikel yang tepat guys, kenapa? karena pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukkan langkah sederhana untuk menghubungkan perangkat Android dengan Linux dengan mudah menggunakan GSConnect. 

Apa itu GSConnect?

GSConnect adalah sebuah implementasi serupa dari KDE Connect untuk Desktop Environment KDE, dimana GS sendiri berarti Gnome Shell, dan Connect adalah menghubungkan, dengan GSConnect sendiri, kita bisa melakukan beberapa hal menarik antara Linux dan Android seperti : 
  1. Bagikan file, tautan, dan teks
  2. Mengirim dan menerima pesan
  3. Sinkronkan konten papan klip
  4. Sinkronkan kontak
  5. Sinkronkan notifikasi
  6. Kontrol pemutar media
  7. Kontrol volume sistem
  8. Jalankan perintah yang telah ditentukan sebelumnya
  9. Dan banyak lagi…

Cara Menginstall GSConnect di Linux

Untuk kamu yang ingin menginstall GSConnect, kamu harus menggunakan Desktop Environment GNOME, dimana dengan GNOME ini kita juga wajib menginstall Gnome Shell Extensions, langkah mengenai Cara Install GNOME Extensions di Ubuntu 22.10 sudah pernah saya bahas di artikel berikut
Setelah menginstall Gnome Shell Extensions, kamu bisa mencari GSConnect dan kemudian menginstall Extensions tersebut untuk kita gunakan pada langkah konfigurasi selanjutnya. 
Dan setelah instalasi GSConnect Extensions di Gnome Shell Extensions selesai, kita bisa membuka GSConnect dan kemudian menghubungkannya dengan perangkat Android kita. Namun sebelum menghubungkan dengan perangkat Android kita, kita juga harus mendownload aplikasi KDE Connect yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store,  Huawei AppGallery dan F-Droid.


Kenapa KDE Connect? karena pada dasarnya KDE Connect dan GSConnect ini adalah aplikasi yang sama karena dikembangkan dengan basis yang sama, kurang lebih seperti itu. 

Cara Menghubungkan GSConnect Android dan Linux

Setelah GSConnect kamu install di Linux dan KDE Connect di Android, selanjutnya pastikan kedua perangkat yang kamu miliki terhubung dalam satu jaringan yang sama, dan setelah itu, silahkan buka keduanya. 

Setelah kamu buka, di KDE Connect yang kamu buka di di Android dan jika keduanya sudah terhubung dalam jaringan yang sama, nanti akan muncul nama hostname dari Linux kamu disana. 

Selanjutnya tinggal klik saja nama perangkat Linux kamu dan minta akses untuk proses pairing, serta silahkan kamu konfirmasi di perangkat Linux kamu. Jika sudah maka keduanya kini sudah terhubung. 


Nah kurang lebih contohnya seperti pada gambar berikut, dimana nama perangkat Android kamu sudah terlihat baik di halaman utama GSConnect atau di Top bar seperti pada gambar berikut. 



Setelah terhubung kita bisa melakukan banyak hal dengan perangkat Android kita melalui Linux Ubuntu yang kita gunakan, mulai dari mengirimkan pesan, melakukan remote input, share files, dan lainnya. 

Tentunya fitur ini sangat penting dan wajib banget kamu miliki terutama jika kamu menggunakan Linux dengan Desktop Environment Gnome atau KDE, oleh karena itulah Gnome menjadi salah satu Desktop Environment Linux terbaik menurut saya setelah Pantheon-nya Elementary OS. 

Bagaimana Jika GSConnect Tidak Mendeteksi Perangkat?

Yang pertama silahkan kamu check firewall dari Linux yang kamu gunakan pastikan kamu telah mengatur GSConnect agar bisa berkomunikasi via jaringan, jika kamu menggunakan ufw, kamu bisa memasukkan konfigurasi berikut di terminal. 
sudo ufw allow 1714:1764/udp
sudo ufw allow 1714:1764/tcp
sudo ufw reload

Silahkan kamu masukkan perintah diatas secara berurutan di terminal, dan jika sudah kini harusnya perangkat sudah bisa mendeteksi satu sama lain. 

Nah silahkan dicoba guys, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih banyak. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Mengubungkan Linux Ubuntu Dengan Android Menggunakan GSConnect"