Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Sitemap Keren dan Simple di Blogspot

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukkan bagaimana sih caranya menambahkan sitemap pada halaman blog. Seperti yang kita tahu sitemap sangat membantu dalam beberapa kondisi seperti misalkan pembaca ingin melihat artikel kita yang lain dengan mudah tanpa harus masuk ke pancarian atau melalui klik pada label satu persatu, atau sebagai media optimisasi search engine karena pada dasarnya search engine membutuhkan sitemap agar proses crawling dapat dengan mudah dilakukan. 

Terkait hal tersebut, umumnya sih sitemap digunakan untuk blog yang memiliki jumlah postingan dibawah 1000, dan jika artikel yang tayang sudah lebih dari 1000 maka sitemap sudah tidak terlalu efektif lagi, kecuali dengan sitemap gaya dinamis yang mana jumlah artikel yang ditayangkan hanyalah artikel yang pada tahun tertentu saja. Jadi tidak semua artikel yang ditampilkan di Sitemap dan hanya artikel 2018, 2019 atau 2020 saja tergantung dari tahun saat ini. 



Namun jika kamu ingin menggunakan sitemap full, seperti apa yang saya tambahkan di blog ini, hal itu tidak salah juga, karena sekali lagi sitemap full memiliki kesannya tersendiri, namun jika kamu ingin menambahkan sitemap dinamis yang saya katakan sebelumnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Cara Menambahkan Sitemap Keren dan Simple di Blogspot

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke halaman Dasbor Blogger > Halaman > Buat Halaman Baru.


Langkah 2. Jika kamu sudah berada dihalaman tersebut, silahkan kamu ubah tampilan editing menjadi tampilan HTML. 



Langkah 3. Jika kamu sudah masuk ke menu editing dengan tampilan HTML, silahkan kamu masukkan beberapa script berikut. 
<div id="toc">
<script src="https://sites.google.com/site/blogsayugi/sitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://www.blogsayugi.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>

Langkah 4. Silahkan kamu ubah variable www.blogsayugi.com menjadi alamat blog kamu. Dan jika sudah selesai, silahkan kamu simpan dan langsung lihat hasilnya.


Nah bagaimana simple bukan, untuk melihat hasilnya kamu bisa mengunjungi halaman sitemap berikut

Perlu diingat bahwa setiap tahun berganti, isi dari sitemap akan berubah, karena memang diatur agar hanya menampilkan isi tahun ini saja. 

Nah silahkan dicoba, semoga bermanfaat. 

*Artikel ini diperbarui 29 Oktober 2020 dengan menambahkan screenshot terbaru dan penyesuaian dengan blogger yang baru. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menambahkan Sitemap Keren dan Simple di Blogspot"