Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

 

Ketika pengguna selesai melakukan upgrade, umumnya akan ada sebuah folder Windows.old yang dibuat oleh system, folder tersebut berisi backup file system lama, sehingga seandainya pengguna ingin melakukan rollback, hal itu dimungkinkan karena file backup masih tersedia untuk di restore pengguna. 

Sedikit informasi bahwa folder Windows.old tersebut biasanya akan terhapus kurang lebih 10 hari setelah proses upgrade selesai, namun untuk kamu yang ingin menghapusnya secara manual, kamu juga bisa kok, kamu cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini. 

Silahkan hapus jika... 

Silahkan kamu hapus folder Windows.old tersebut jika seandainya system kamu yang sekarang sempurna, dan tidak memiliki masalah, entah itu masalah hardware, atau masalah dengan system operasinya. 


Cara Menghapus Windows.old Melalui Storage Sense

Ada dua metode yang dapat kamu lakukan untuk menghapus Windows.old, dan salah satunya adalah melalui Storage Sense, berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Settings > System > Storage. 


Langkah 2. Silahkan kamu klik pada Temporary files. 


Setelah Temporary files kamu buka, kamu akan diberikan tampilan seperti pada gambar berikut, silahkan kamu centang pada bagian 'Previous Windows Instalastion(s)'. 


*Perlu diperhatikan, bahwa di menu tersebut ada dua opsi yang wajib kamu perhatikan, opsi Downloads dan Opsi Recycle Bin, pastikan jangan centang opsi tersebut seandainya kamu ingin menyimpan file di folder Downloads dan Recycle Bin, silahkan centang saja jika kamu memang ingin berniat menghapus file di dua directory tersebut. 

Langkah 3. Jika sudah selesai, silahkan kamu klik saja tombol Remove files yang tersedia. 

Proses penghapusan file langsung akan berjalan, dan kecepatan penghapusan tergantung dari besarnya folder Windows.old, umumnya proses menggunakan Storage Sense ini cukup lama dibandingkan dengan langkah lain yang akan saya jelaskan dibawah, jadi silahkan disimak lebih lanjut. 


Cara Menghapus Windows.old Menggunakan Disk Cleanup

Tool Disk Cleanup sudah ada sejak lama, dan mungkin kamu sudah dapat menemukannya di Windows 7 sekalipun, dengan metode ini saya rasa jika dibandingkan dengan menggunakan Storage Sense, proses penghapusan terasa lebih cepat, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Disk Cleanup, ketika saja Disk Cleanup di Search. 


Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu klik pada bagian 'Cleanup system files'. 
 

Langkah 3. Selanjutnya, seperti sebelumnya, silahkan kamu hapus pada bagian 'Prevous Windows Instalation(s)', dan silahkan juga perhatikan opsi Recycle Bin, jangan centang, jika ingin kedua isi dari folder tersebut terhapus. 


Jika sudah, silahkan kamu klik saja OK dan proses akan berjalan, sesaat sebelum semua dihapus, kamu akan diberikan pesan peringatan seperti pada gambar berikut. 



Jika kamu sudah menerima pesan tersebut, silahkan kamu klik Delete Files dan klik Yes saja, dan proses penghapusan akan berjalan. 


Dan selesai deh, setelah proses tersebut selesai, foder Windows.old sudah menghilang. Nah bagaimana mudah sekali bukan, itulah dua langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghapus folder Windows.old, jangan kamu hapus langsung di File Explorer ya, karena biasanya itu akan bloated dan beberapa bagian tidak akan terhapus, atau kamu bisa menunggu saja sampai Windows menghapus folder tersebut secara otomatis beberapa hari kemudian. 

Nah sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.




Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghapus Windows Old di Windows 10"