Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlukah Hibernate di SSD - Windows 10

Kadang saya sendiri bertanya apakah perlu menggunakan fitur Hibernate di SSD? kan bootingnya udah cepet banget, apalagi sebelumnya di postingan saya Cara Menambahkan “Hibernate” pada Power Windows 10 saya menjadi makin bingung untuk mengaktifkan hibernate ini.



Kemudian setelah kebingungan beberapa lama, saya mencari tutorial di blog, forum dan youtube, dan kebanyakan mereka menyarankan untuk menonaktifkan fungsi hibernate ini, dikarenanakan ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan khususnya jika kalian pengguna SSD.
  • Menghemat Memory "Hibernate otomatis menyimpan data kedalam hardisk, bahkan data tersebut bisa sebesar 5 Gb, jika kalian menggunakan SSD 120 Gb maka akan sedikit memberatkan kapasitas kan?".
  • Sleep aja "buat SSD apalagi jika menggunakan laptop keluaran baru, dimana ketika layar dibuka maka akan otomatis nyala, menggunakan fitur sleep akan lebih cepat untuk masuk ke desktop loh".
Lalu gimana sih caranya buat menghapus/ menonaktifkan hibernate ini?
  1. Masuk ke CMD as Admin
  2. ketikan Sintax Berikut : powercfg.exe /hibernate off
  3. Enter
Untuk mengembalikan Hibernate kalian bisa mengetikan kembali : powercfg.exe /hibernate
Tonton Video Tutorialnya dibawah ini.




Gylang Satria Yudha
Gylang Satria Yudha Blogger muda dari Indonesia yang mulai ngeblog sejak tahun 2011, saat ini aktif mengelola blog ini dan nulis di Winpoin.com

Post a Comment for "Perlukah Hibernate di SSD - Windows 10"