Awas Jangan Sembarangan Pake Javascript!

Bagi seorang blogger yang baru memulai karirnya sebagai penulis di blog pasti akan selalu berkutik pada tampilan template dan sebagainya, menambahkan widget atau fungsi keren lain, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan bagi kalian guys, karena hal ini pernah terjadi pada blog saya pada tahun 2016 lalu, dimana Blog saya di banned oleh google.


Perkenalan Dulu.

Saya sudah mulai sebagai blogger itu sejak tahun 2011 tepatnya september 2011, blog saya dengan domain www.sayugi.id cukup sukses dimasanya, dengan jumlah pengunjung sekitar 4000/hari bahkan adsense sayapun sudah lumayan lah buat beli jajan.

Bahaya Javascript

Pada pertengahan 2016 sekitar bulan Mei saya sering mengoprek tampilan blog saya itu, mulai dari menambahkan widget, dan banyak hal lainnya karena saya juga waktu itu lagi suka sukanya bikin template sendiri meski saya masih kurang paham sama javascript, html, dan css, karena masa oprekan tersebut saya memasukan sebuah fungsi keren dalam javascript agar blog saya memiliki tampilan yang menarik, namun ternyata itu adalah keputusan yang salah.

Kenapa Salah?

Ya Javascript yang saya gunakan ternyata mengandung script yang berbahaya, dan saya gak menyadari hal tersebut sampai Avast Premiere yang saya gunakan memblok blog saya, sama halnya dengan banyak antivirus ternama lainnya.

Dan ketika saya cek menggunakan https://safeweb.norton.com/ dan sialnya sudah ada lebih dari 50 script berbahaya, dan mulai dari sana saya menghapus beberapa script yang berbahaya tersebut, namun sayang reputasi blog saya sudah hancur, pengunjung turun drastis dari ribuan hanya ratusan yang muncul.

Itulah kenapa saya menghapus www.sayugi.id yang sudah berjalan sangat lama.

Hampir Terulang!

Beberapa waktu lalu ketika saya mengoprek blog ini ada kejadian yang serupa, dimana chrome mendeteksi adanya script berbahaya, dan untung saja saya cepat tanggap kali ini.


Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, kalian harus lebih berhati hati dalam menggunakan javascript atau template gratisan yang tersebar di internet, karena kita tidak taukan apakah file tersebut itu aman atau enggak, bahkan beberapa website terang terangan mencuri sumber daya dari pengunjungnya, contohnya LK21 siapa yang gak kenal website penyedia film bajakan tersebut. Jika ingin menggunakan template atau javascipt dari internet sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada yang lebih berpengalaman.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Awas Jangan Sembarangan Pake Javascript!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel