Kekurangan Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Windows, siapa yang gak tahu dengan OS ni, semejak kemunculan Windows XP di Indonesia sendiri Windows menjadi salah satu Sistem Operasi Favorit untuk digunakan baik itu untuk perusahaan, instansi pemerintahan baik perorangan. Alasan kenapa banyak digunakan adalah mungkin "bajakan" adalah salah satunya, karena bisa dibilang Windows sangat rentan sekali akan kemudahan untuk diaktivasi secara gratis dengan mudah.


Menjelang tahun baru 2019 kali ini saya akan sedikit cerita tentang kekurangan Windows, ya baik itu Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan 10 sekalipun. Dan diantara beberapa OS yang telah disebutkan barusan saya pernah mencobanya dan masalah yang dihadapi hampir sama, berbeda banget ketika saya menggunakan Linux sebagai Primary OS, namun pembahasan antara Windows dan Linux sudah saya bahas di postingan sebelumnya yang berjudul Alasan Kenapa Windows lebih baik dibanding Linux & Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows.

Langsung saja, mari kita bahas.

Rentan Virus.

Sudah berapa kali saya terinfeksi virus semejak menggunakan Windows, apalagi pas dulu saya masih gaptek dan gak kenal dengan Antivirus, sekitar tahun 2010an, dan saya masih menggunakan Windows XP, saya sering instal ini itu di PC lawas saya, dan saya gak tahu dan bahkan gak peduli bahwa ternyata PC windows saya telah menjadi sarang Virus, mulai dari Trojan, Sality.101, dan masih banyak lagi. 



Jika kalian menggunakan Windows, meskipun itu adalah Windows 10 sangat saya sarankan untuk menggunakan Antivirus tambahan, misalnya Kaspersky atau Norton, dan jangan terlalu mengandalkan Windows Defender saja.

Kualitas Update.

Microsoft memang menjadi salah satu raksasa perangkat lunak, namun akhir akhir ini kualitas update yang diberikan pada Windows 10 bisa dibilang "sangat buruk", kenapa? coba kalian bandingkan ketika Update Windows 7 ke Windows 7 SP1, tidak adanya masalah serius, namun pada Windows 10 April 2018 Update ke Windows 10 October 2018 Update banyak sekali bug dan masalah yang terjadi.


Rentan Pembajakan.

Mengacu pada poin pertama, Windows adalah satu satunya Sistem operasi yang menempati posisi pertama Sistem Operasi yang rentan di bajak, saya yakin kebanyakan pengguna Windows di Indonesia menggunakan Windows Bajakan. Saya sangat yakin sekali.


Manajemen Memory Buruk.

Jika kalian menggunakan Windows 10 sangat saya sarankan untuk menggunakan RAM diatas 4 GB, jika kalian masih menggunakan RAM 4 GB kebawah gunakanlah Windows 8.1 atau Windows 7, karena pada Windows 10 manajemen memorynya sangat buruk, kenapa? dalam kondisi idle Windows yang saya gunakan saja sudah memakan RAM sekitar 3.4 GB, dan ketika membuka beberapa program diantaranya Whatsapp, PicPick, Slack, IDM, dan Browser dengan 2 Tab non Extensions sudah memakan RAM sekitar 5.8 GB. Hal ini menjadikan setiap PC atau Laptop dengan spesifikasi Low End akan merasa berat dalam melakukan aktivitas di dalam Windows.


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan sistem operasi Windows memiliki kekurangan yang bisa dibilang "fatal" untuk sebuah system operasi berbayar dengan harga 3 jutaan, masalah yang terjadi bukan hanya 1 atau dua kadang akan ada masalah baru kedepannya, ibarat Microsoft selalu mencoba menutup lubang 1 namun lubang 2 dan 3 malah muncul. 

Artikel diatas adalah sepenuhnya berdasarkan pengalaman dan uji coba saya sendiri selama hampir 8 tahun menggunakan Windows dengan berbagai versi.

Terima Kasih.

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Kekurangan Sistem Operasi Windows"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel