Awas Situs Nonton Film Bajakan Online Mengandung Malware Cryptocurrency!

Akhir akhir ini saya sering menonton film bajakan secara online, sama seperti kebanyakan anak kos lainnya di Indonesia, ada beberapa situs bajakan yang sudah terkenal dikalangan masyarakat, diantaranya LK21, Filmgan, Juraganfilm, Ganool, IndoXX1, dan masih banyak lagi.


Sebenarnya masalah ini sudah ada sejak lama, semejak Bitcoin sedang naik naiknya, namun sampai saat ini masih ada beberapa situs yang memasukan sebuah script malware untuk menggunakan mesin pengunjung website tersebut sebagai alat untuk mining. 

Dalam kasus ini berbeda dengan yang pernah dikabarkan oleh Filemagz.com yang menyatakan bahwa Untuk menyebarkan malware tersebut, sang hacker mencoba menyamarkan kode tersebut dalam bentuk .exe dan dibuat seolah-olah berasal dari tempat download seperti “FILE4org”, “RapidFIles”, dan “Dropmefiles”. Berkas .exe tersebut sudah beredar di internet melalui layanan pemendek URL seperti Bitly atau adfly. Adapun jumlah klik terhadap link tersebut sudah mencapai 15 juta, menurut Palo Alto Networks. Setelah PC tersebut terinfeksi, malware tersebut akan menjalankan sebuah aplikasi bernama XMRig, dimana aplikasi tersebut akan mining sebuah cryptocurrency bernama Monero (bernilai $310 per coin). “Dalam kasus ini, penyerang mengatur (program) agar tidak menggunakan lebih dari 20 persen (resource CPU),” ujar Josh Grunzweig, seorang ahli malware di Palo Alto Networks. Sehingga, banyak korban ini tidak mengetahui bahwa di komputernya digunakan untuk mining.


Didalam kasus ini, ketika kita sedang melakukan streaming film bajakan di situs tertentu secara mengejutkan proses cpu menjadi meningkat tajam, bahkan bisa sampai 70 - 90 % penggunaan, padahal jika dibandingkan dengan process terberat dari sebuah browser tidak akan sampai menghabiskan 70% cpu. 

Efek Dari Malware Cryptocurrency?

Secara default jika kamu menggunakan Antivirus yang lemah dan tidak bisa melindungi dari serangan malware ini, maka kamu masih bisa mengakses situs situs tersebut, namun jika kamu menggunakan Kaspersky Internet Security atau Avast Premiere, secara otomatis program tersebut akan menunjukan notifikasi ancaman dari situs yang dibuka.


Sedangkan efek yang diterima perangkat kita memang terkesan tidak terlalu berbahaya, selain mungkin mesin yang akan cepat panas, dan mengeluarkan suara putaran kipas yang semakin kencang, karena pada dasarnya malware ini hanya akan membuat cpu bekerja extra, berbeda dengan jenis malware yang langsung terinstal kedalam pc, malware jenis ini tidak terlalu berbahaya dalam kehidupan sehari hari, namun tetap saja disarankan untuk tidak mengunjungi situs yang menggunakan script malware Cryptocurrency.

Situs Film Bajakan Yang Terinfeksi?

Selama ini yang saya ketahui adalah LK21, Dunia21, dan IndoXX1 yang terinfeksi, namun semejak akhir 2019, ketiga situs tersebut sudah kembali normal seperti dulu, mungkin pemiliknya sudah memperbaiki masalah ini.

Nah jadi tolong tetap perhatikan masalah keamanan ya, meski tidak terlalu berbahaya, keamanan didunia digital juga sangat penting loh.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel