Pilih Mouse Wired atau Wireless? - Tips Memilih Mouse

Kamu ingin membeli sebuah Mouse namun bingung pilih mana antara Mouse Wireless dan Kabel? tenang kali ini saya akan sedikit membahas seputar kedua jenis Mouse ini, baik itu kelebihan, kekurangan dan alasan kamu harus membelinya. 


Mouse Wired atau Kabel

Sebuah perangkat Wired Mouse atau biasa kita menyebutnya sebagai mouse kabel hadir dengan fitur kabel yang melekat tetap pada perangkat tersebut. Ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, namun juga memiliki sisi minus yang terkadang cukup membuat kita semua jengkel, karena agak sulit untuk dibawa kemana mana, terutama jika kabelnya panjang dan susah dilipat.

  • Keuntungan

Salah satu Benefit utama yang bisa didapatkan pengguna saat memiliki Wired Mouse adalah nilai harga yang jauh lebih murah, lebih tahan lama dan tentu saja tidak ada “jeda” waktu yang selalu menjadi masalah utama pada Wireless mouse, dimana ini sangat berpengaruh bagi para gamer, apalagi jika mereka berhadapan dengan gaming yang membutuhkan tingkat respon tinggi. Disamping itu, perangkat ini tidak membutuhkan daya extra untuk membuatnya berfungsi, dimana kamu hanya tinggal Plugin pada colokan USB dan semua hal akan baik-baik saja.



  • Minus

Sedangkan untuk sisi minusnya, terkadang kehadiran kabel menjadi salah satu kendala bagi pengguna untuk bergerak jauh lebih luas, sehingga ruang mobilitas yang disajikan pada Wired Mouse sangatlah terbatas, apalagi jika kamu memiliki kebiasan yang buruk dalam urusan manajemen kabel. Itu tentu tidaklah nyaman untuk dilihat dari sudut estetika.

Wireless Mouse 

Sedangkan untuk urusan Wireless Mouse, perangkat ini memiliki fitur nirkabel dimana hal tersebut bisa dilakukan melalui Transmitter alias pemancar. Jadi ketika kamu membeli sebuah Wireless mouse, ini akan hadir dalam dua pilihan perangkat, plus baterai yang tertanam dalam mouse. Disisi lain, mouse ini sepenuhnya hadir tanpa kabel sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi pengguna.
  • Keuntungan
Sebuah Wireless Mouse biasanya memiliki banyak sisi positif yang bisa didapatkan oleh pengguna, namun apa yang membuatnya hebat adalah fitur Wireless yang disajikannya, dimana denga hadirnya fitur ini, kamu seolah bisa menggerakan semua hal pada layar tanpa ada batasan jarak dan tentu saja kemudahan dalam ruang yang jauh lebih luas.

Jika dibandingkan dengan Wired Mouse, pengguna yang memakai Wireless mouse biasanya memiliki gerak yang jauh lebih fleksibel, termasuk penempatannya. Ini sangat ideal untuk pengguna laptop atau bahkan pengguna yang memakai TV sebagai layar utamanya. Disamping itu, pengguna yang memiliki perangkat ini juga memiliki keuntungan lain dalam urusan manajemen kabel, dimana kamu tidak harus berurusan lagi dengan semrawutnya kabel yang biasa ditawarkan pada mouse kabel.

  • Minus

Sedangkan untuk sisi minusnya, sebuah perangkat Wireless mouse biasanya memiliki keterbatasan dalam waktu respon, sehingga perangkat ini terkadang tidak terlalu ideal bagi para gamer, khususnya bagi mereka yang membutuhkan perangkat tersebut pada beberapa skenario game Fps. Tentu, kehadiran jeda waktu untuk menyalurkan terlebih dahulu melalui pemancar menjadi salah satu penyebabnya.

Harga yang ditawarkannya pun pada umumnya terasa jauh lebih mahal (meskipun tidak semuanya), sehingga pengguna yang menginginkan perangkat ini tentu harus mengeluarkan biaya extra. Dan terakhir, perangkat ini membutuhkan daya extra untuk membuatnya bekerja, sehingga ini bisa memberikan batasan bagi pengguna untuk melakukan aksi jauh lebih Panjang.

Mana Yang Cocok Buat Kamu?

Nah berdasarkan dua penjelasan diatas, jika kamu seorang gamer dan gak pernah membawa mouse kemana mana, sebaiknya kamu membeli Mouse kabel saja, selain tingkat akurasinya tinggi, kadang mouse kabel lebih nyaman digunakan. Namun jika kamu orang yang suka bepergian dan gak mau menggunakan touchpad laptop kamu, Mouse Wireless adalah pilihan yang tepat, karena selain gak ribet, mudah dibawa bawa juga. Saya sendiri memiliki dua Mouse, satu dirumah dan satu ditas, dan dua duanya memiliki fungsi dan tipe yang berbeda sesuai dengan kebutuhan apa yang saya gunakan.


Referensi : www.murdockcruz.com

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel