Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan CUDA Support di Adobe Premiere Pro CS6

Saya sekarang menggunakan Produk Adobe CS6 karena saya kurang suka dengan produk lanjutan Adobe dikarenakan pembelian lisensi kini dilakukan dengan metode berlangganan. Namun dalam Adobe CS6 ini saya merasakan sebuah masalah, dimana ketika saya sedang melakukan editing video beberapa waktu lalu, proses Rendernya lama banget karena hanya mengandalkan Processor saja, sedangkan perangkat Nvidia GeForce 940MX pada perangkat saya tidak bekerja dan tampak santai saja.


Secara default VGA jaman sekarang tidak support dengan teknologi CUDA dari Adobe Premiere Pro CS6, namun jika menggunakan versi terbaru tentunya langsung support, Dan terkait hal ini, kita sebenarnya bisa mengubah dan menambahkan pengaturan saja agar VGA terbaru dapat berjalan dengan CUDA Support di Adobe Premiere Pro CS6. Berikut langkahnya :

Cara Mengaktifkan CUDA

Langkah 1. Pertama silahkan kamu tutup dulu aplikasi Adobe CS6 yang kamu gunakan, ada baiknya kamu tutup seluruh prosesnya via Task Manager. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu buka file explorer / windows explorer, selanjutnya silahkan kamu masuk ke folder dimana Adobe Premiere Pro CS6 berada. (Biasanya terletak di C:\Program Files\Adobe\Adobe Premiere Pro CS6). 


Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu cari file dengan nama cuda_supported_cards. File tersebut adalah File Text yang selanjutnya kita harus melakukan copy file tersebut ke folder Desktop atau Documents. Bebas kamu mau copy dan paste file tersebut kemana. 

Langkah 4. Setelah kamu copy dan kamu simpan di folder yang sudah ditentukan, silahkan kamu buka file tersebut dan selanjutnya silahkan tambahkan type dan model graphic card yang kamu gunakan, sebagai contoh karena disini saya menggunakan Nvidia GeForce 940MX, maka saya menambakan GeForce 940MX (silahkan lihat pada gambar dibawah). 


Jika sudah selesai, silahkan simpan dan kamu copy kembali file yang telah kita ubah tersebut ke lokasi awalnya yang mana berada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Premiere Pro CS6.

Langkah 5. Jangan kira sudah selesai, silahkan kamu buka Adobe Premiere Pro CS6 tersebut, selanjutnya kamu navigasi ke  Project > Project Settings > General.


Selanjutnya silahkan kamu ubah pada Video Rendering and Playback menjadi CUDA Support, klik OK dan Selesai.

Kesimpulan

Setelah saya mengubah setting diatas, kecepatan render meningkat drastis, bahkan sampai 2 kali lipatnya karena sekarang rendering dibantu dengan GPU, sehingga kecepatannya menjadi 2 kali lebih cepat dibandingkan sebelumnya. 

Sebagai perbandingan yang awalnya membutuhkan waktu 11 menit sekarang hanya menjadi 6 menit saja. Itupun dengan Resolusi 1080p 30FPS lancar.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan CUDA Support di Adobe Premiere Pro CS6"