Jangan Sembarangan Mengijinkan Aplikasi! - Awas Kena Hack!

Baru baru ini saya mendengar kabar dari salah satu teman saya, bisa dibilang dia adalah adik kelas saya ketika saya sekolah, dia bercerita dalam statusnya di Facebook bahwa akun facebook yang lamanya telah dihack. Menurut saya bagaimana bisa?


Dalam sebuah statusnya yang lain, menunjukan bahwa akunnya sudah berganti foto dan kontennya sudah berisi konten porno didalamnya.


Lalu bagaimana ini bisa terjadi? apakah system keamanan Facebook lemah? apakah mark sang pencipta facebook tidak mengetahui celah keamanannya? saya rasa tidak! kenapa? berikut penjelasan saya secara singkat.

Sistem Keamanan

Perusahaan sekelas facebook yang sudah membeli Instagram dan Whatsapp mana mungkin tidak menerapkan system keamanan yang berlapis, bahkan sekarang untuk menggunakan salah satu fitur lupa password saja sudah dipersulit. 

Kesalahan Pengguna!?

Ini adalah hal yang paling umum bagi kebanyakan orang awam akan masalah keamanan, dimana mereka menggunakan password yang lemah, dan bahkan kesalahan umum dan tertipu akan sebuah aplikasi dan sebuah website yang meminta akses dan ijin terhadap akun yang digunakan, Jika kalian pernah mengijinkan sebuah aplikasi tanpa kalian baca dulu dan langsung ijinkan saja, maka kalian adalah orang bodoh. Misalkan kamu Login akun Facebook untuk login ke Website Kuisioner, Hoax, Zodiak, dan Judi, jelas lah gak akan aman. Karena Jelas saja aplikasi yang membuat kamu mengijinkan menggunakan profil bisa saja mencuri data kamu dan mencuri password dan hal penting lainya.

Langkah Jika Akun Telah Terhack!

Umumnya kamu bisa langsung menggunakan fitur lupa password, namun jika kamu tidak bisa menggunakan akun email yang sebelumnya digunakan, kamu bisa langsung saja report akun yang telah dihack tersebut, agar nanti facebook menghapusnya, pastikan juga kasih tau banyak orang untuk mereport akun tersebut agar prosesnya bisa cepat dan berhasil.

Ingat Kembali.

Ingat apa saya yang pernah kamu ijinkan akses ke akun kamu, dan pastikan kamu segera mengganti dan menghentikan ijin akses tersebut via pengaturan. karena gak tau kapan kemungkinan akun kamu bisa terhack juga.

Intinya jangan pernah tidak peduli terhadap masalah keamanan, karena kita gak tau kan, apalagi yang gaptek, wah jangan sampe kamu sembarangan sebar ini itu, dan klik ini itu, intinya sedikit saja pahami masalah keamanan, karena jangankan akun facebook, bank dan atm saja bisa di hack. 

Ingat No System Is Safe, Dan meskipun system telah aman, Manusia adalah pembuat kesalahanya sendiri.



Apakah kamu pernah mengalami hal yang sama? Share dibawah.

0 Response to "Jangan Sembarangan Mengijinkan Aplikasi! - Awas Kena Hack!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel