Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Layanan Cloud!

Sudah lama saya mengenal berbagai layanan cloud, pertama kali saya gak kenal denga Google Drive, dan dulu saya lebih sering menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan aktifitas Blogging ya di 4Shared, dan seiring berjalannya waktu banyak layanan cloud yang sudah saya coba, diantaranya (Dropbox, Icloud, Samsung Cloud, Google Drive, OneDrive, 4Shared, Kumpul Bagi, Mega), dan kali ini saya akan sedikit berbagi kenapa layanan cloud itu penting?


Keamanan Data

Gak usah diragukan deh, keamanan data dari kasus pencurian sangat sedikit, bahkan untuk kasus kehilangan data, terkena virus itu sangat jarang ketika kita menyimpan file dilayanan cloud, dibandingkan dengan menyimpannya di hardisk sendiri, karena semua data yang disimpan dijaga dan dipastikan keamannya oleh pihak penyedia layanan, namun jika masih kehilangan akibat keteledoran atau kesalahan manusia sih itu gak masuk itungan ya.


Tersinkronsasi

Kadang saya ingin berbagi file dengan kawan saya, atau ingin mengambil file pas gak bawa laptop, gampang, tinggal login dan download aja kan. simpel banget, beda banget ketika data disimpan di flashdisk dan hardisk dan ketika dibutuhkan eh gak kebawa,


Dengan dua hal tersebut saja saya sudah bisa menggunakan dan menyimpan file dengan maksimal, terutama file penting misalkan skripsi dan data kerja, wah wajib banget masuk cloud, bisa berabe kalo misalkan kehapus atau keformat ini laptop. Namun saya juga mengalami hal yang sedikit mengecewakan dalam menggunakan layanan cloud yaitu.

Space Penyimpanan Minim

Alasan kenapa saya punya berbagai jenis layanan cloud adalah tempat penyimpanan yang minim, bisa sih ditambah tapi harus bayar dengan biaya yang gak murah, untuk layanan OneDrive saya masih punya sekitar 105 GB karena ada diskon dari Bundle Samsung Galaxy A5 2016 yang saya gunakan sisanya saya masih menggunakan free account, yang penting data penting disimpan dengan aman.

Namun meski dengan space penyimpanan sedikit masih banyak hal yang berguna bisa dilakukan dan dimanfaatkan dalam layanan cloud ini, dan tentunya sampai sekarang saya masih suka menyimpan banyak file di Google Drive. OneDrive dan Dropbox, karena ketiga layanan tersebut yang Minim Iklan, dan Aksesnya Cepat.

Layanan apa yang kamu suka? Share dibawah ya.
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Pentingnya Layanan Cloud!"