Cara Hapus Aplikasi di Linux Sampai Tuntas

Oke banyak pertanyaan para pengguna linux, terutama yang baru pertama kali menggunakan linux, seperti bagaimana cara instal, dan bagaimana cara hapusnya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghapus aplikasi, bisa itu menggunakan Apps Center secara langsung, atau menggunakan Terminal. namun tentunya jika kamu perhatikan, ada sebagian aplikasi yang tidak muncul di Apps Center kan? misalkan saja Chrome, atau Spotify.


Nah bagi kamu yang menemukan masalah serupa, ini disebabkan aplikasi yang kamu instal itu sebelumnya tidak kamu instal melalui Apps Center melainkan melalui terminal linux, biasanya dengan mengetikan sudo apt-get install namaplikasi. 


Nah cara untuk menghapusnya cukup mudah sekali, kamu bisa mengetikan perintah berikut sebagai admin dari linux kamu. 
sudo apt-get remove namaaplikasi

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung cek aja apakah aplikasi tadi sudah terhapus. Jika sebelumnya kamu menginstal aplikasi tersebut dengan memasukan repository, misalkan mengetikan perintah berikut sudo add-apt-repository ppa:shutter/ppa. Kamu bisa menghapus repository tersebut melalui terminal dengan menghapusnya di directory /etc/apt/source.list atau didalam folder /etc/apt/source.list.d


Selanjutnya kamu bisa menghapus repository terkait dengan mengetikan perintah rm -r namanya, namanya disesuaikan dengan saat instalasi repository kamu sebelumnya, misalkan vscode, maka hapus semua yang berkaitan dengan vscode, baik itu vscode.list dan vscode.list.save.


Perlu diperhatikan ya, jangan sampai kamu salah menghapus repository didalam file atau folder tadi, karena bisa mempengaruhi software lain yang terinstal di linux kamu.  dan Jika sudah selesai, kamu langsung aja restart.

Simpel dan mudah kan? berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Hapus Aplikasi di Linux Sampai Tuntas"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel