5 Cara Jitu Mendapatkan Ide Menulis di Blog

Menulis, sebuah pekerjaan yang bukan sekedar merangkai kata hanya untuk membentuk sebuah kalimat, bagi saya sendiri nih, menulis merupakan sebuah luapan ide atau gagasan yang ada dalam fikiran saya sendiri, yang kadang tiba tiba aja ada ide harus nulis ini atau itu, namun kawan kawan, kadang ada beberapa saat dimana kita stuck dalam mendapatkan ide, dan kadang menjadikan sebagian konten kreator terutama dalam menuangkan ide dalam tulisan jadi berhenti dan tidak melakukan kegiatan menulisnya.

Gambar Ilustrasi
Jika berkata menulis itu adalah hal yang susah, sebenarnya sih enggak juga, menulis itu agak gimana ya? gampang gampang susah deh, nah berkaitan dengan hal ini, saya akan sedikit berbagi sebuah informasi atau tutorial, lima cara jitu mendapatkan ide menulis di blog, yang sudah bertahun tahun saya praktekan sendiri sebagai seorang blogger. Berikut caranya:

Membaca

Ya membaca, kamu bisa mendapatkan ide dari berbagai sumber, buku, majalah, berita, komik atau apapun, ide bisa didapatkan hanya dengan membaca dan kadang tiba tiba saja akan ada ide muncul harus menulis apa, beberapa bahan bacaan yang sering saya kunjungi mulai dari membaca artikel orang, membaca berita di grup, dan lainnya. Misalkan nih, saya sedang membaca sebuah artikel seputar linux baru yang dirilis, eh tiba tiba aja saya dapet ide, kenapa gak langsung saja praktekan dan bikin tutorial instalasinya.

Merenung dan Memejamkan Mata

Kadang dalam renungan suka banyak sekali ide yang muncul, merenung dan menghayal kadang memberikan saya ide dalam menulis, bahkan beberapa light novel dan script narasi film yang saya buat dulu dibuat berdasarkan hayalan dan renungan. 

Jalan Jalan dan Berbicara Dengan Orang

Kadang jalan jalan, dan bertemu dengan banyak orang bisa menjadi media mendapatkan ide, karena kadang orang yang kita ajak bicara bisa menjadi narasumber dari artikel yang akan kita tulis, percayalah, menjadi seorang blogger tanpa mampu berkomunikasi dengan orang lain kadang akan sangat sulit mendapatkan ide tulisan, saya sendiri bisa dibilang orang yang introvert, jarang keluar rumah, dan kadang pekerjaan saya selalu saya kerjakan secara remote via teamveawer, namun berkaitan dengan masalah menulis, saya sering keluar dan jalan jalan, sekedar untuk merefresh otak dan mencari sumber artikel agar menarik dan bermanfaat. 

Istirahat

Istirahat disini bukan berkaitan dengan tiga poin sebelumnya, yang bisa dibilang semuanya sama sama istirahat, namun maksud istirahat disini adalah tidur, kenapa? karena kadang dengan tidur dan bermimpi, ketika bagun akan ada ide yang menempel, setidaknya itulah yang saya rasakan. 

Brainstorming

Brainstroming adalah sebuah proses berpikir lateral, mengajak setiap orang datang dengan ide-ide dan pemikiran yang terkesan gila dan tidak masuk akal pada awalnya. Namun, kemudian ide “gila” ini harus mampu diubah atau diperbaiki menjadi ide-ide yang bermanfaat. Dengan brainstorming, kadang ada beberapa ide yang bisa menjadi artikel, misalkan nih, bongkar laptop, bisa jadi tutorial, instal virus, bisa juga jadi tutorial dan pembahasan, banyak ide ide gila yang emang bisa dimanfaatkan, dan disanalah fungsi brainstorming.

Nah itulah lima cara jitu bagi saya untuk mendapatkan ide menulis di blog, yang pasti, bagi seorang blogger itu harus sesuai dengan kaidah dimana "Blogger adalah orang yang bisa menyampaikan apa yang didapat dan membagikannnya dalam bentuk tulisan atau informasi yang bisa bermanfaat bagi orang lain.". 

Kamu setuju dengan artikel ini? share dibawah guys.

0 Response to "5 Cara Jitu Mendapatkan Ide Menulis di Blog"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel