Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Kesehatan Hardisk/SSD Dengan Mudah!

Salah satu hal yang paling membuat saya paranoid adalah kesehatan SSD, selain kesehatan Battery saya rasa justru kesehatan SSD adalah yang paling utama, kenapa? karena didalam SSD tentu ada berbagai informasi penting yang bahkan sangat fatal jika kita kehilangan-nya. 


Dan terkait hal tersebut, bersamaan dengan rasa paranoid saya yang tinggi, berikut saya jelaskan sedikit informasi dan tutorial yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya sendiri. 

Untuk mengetahui kesehatan HDD atau SSD pada dasarnya cukup mudah, kamu bisa menggunakan sebuah tools HDDSentinel atau CrystalDiskInfo, namun menurut saya menggunakan HDDSentinel adalah yang terbaik, karena meskipun aplikasi ini berbayar, tingkat akurasinya lebih baik dibandingkan dengan Crytaldiskinfo atau Samsung Magician. 

Lalu Cara Ceknya Bagaimana?

Cara ceknya sendiri sangat mudah, kamu cuma perlu download HDDSentinel dilink berikut, dan saya sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan yang versi Portable saja, karena jika suatu saat trial sudah habis, kamu bisa mendownload ulang untuk mendapatkan trial 30 hari selanjutnya. (dan terus saja seperti itu selamanya). 


Setelah kamu buka aplikasi tersebut, maka akan jelas terpampang informasi dari perangkat storage yang kamu gunakan, entah itu HDD atau SSD, sudah berapa lama dia bekerja, sudah berapa banyak data yang ditulis dan di perangkat tersebut. 


Seperti yang kamu dapat lihat pada gambar diatas, kesehatan SSD saya sudah 98%, hal ini dikarenakan SMART artibutnya sudah memakan sekitar 177 cycle count, ya emang sih SSD itu umurnya lebih pendek dari HDD, tapi untuk 98% sepertinya masih lumayan kuat untuk 4 tahun kedepan. Dan untuk masalah lain saya rasa tidak ada, termasuk pada dua perangkat lain yang terpasang di laptop saya ini.

Namun dari masalah SSD ini saya cukup mengkhawatirkan perangkat dengan SSD yang onboard apakah jika SSD sudah melebihi TBW dan masa hidupnya sudah akan berakhir, akankah pengguna dapat menggantinya seperti yang kini kita bisa lakukan dengan SSD yang bukan onboard? hmm sebuah pertanyaan yang membuat saya penasaran. 

Kembali ke pembahasan HDDSentinel, setelah aplikasi kita buka dibagian Notifications Area, disana akan muncul status suhu dan warna kesehatan perangkat storage yang terpasang di perangkat kita, dan dengan itu kita bisa dengan mudah melihatnya.  


Nah seperti itu saja mungkin artikel saya kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. 

Sedikit saran sih, jangan merasa terlalu paranoid akan kerusakan SSD, karena sejelek jeleknya SSD, jika kita bermain aman, saya rasa SSD bisa bertahan setidaknya lima tahun setelah pertama kali pemakaian. 

*Update 30 Oktober 2020

Sampai saat ini SSD yang saya gunakan masih OK dan hanya berkurang statusnya dari 98% menjadi 97%, dan itu bukanlah masalah, mari kita lihat tahun depan apakah akan ada penurunan kembali?. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Cek Kesehatan Hardisk/SSD Dengan Mudah!"