Cara Cek Kesehatan Hardisk/SSD Dengan Mudah!

Setelah sekian lama saya gak nulis di blog ini karena kesibukan saya didunia nyata, kali ini, saya akan sedikit berbagi sebuah tutorial, gimana sih caranya cek kesehatan hardisk atau ssd yang terpasang di perangkat Windows kamu. 


Artikel lain yang pernah saya tulis dan serupa dengan judul ini, bisa kamu baca dihalaman berikut:
Dari dua artikel diatas, keduanya memakai tools yang berbeda, sekaligus saya menjelaskan tentang TBW dari sebuah perangkat SSD didalam artikel yang berjudul Cara Mengetahui Kesehatan SSD.
Dan pada kesempatan kali ini, saya akan share kembali tutorial yang serupa namun tak sama, karena akhir akhir ini saya sendiri sering melakukan troubleshot terhadap beberapa perangkat client yang datang konsultasi ke saya. 

Dari sekian banyaknya tool yang saya gunakan untuk melakukan pengecekan kesehatan perangkat HDD atau SSD, saya sering menggunakan HDDSentinel karena bagi saya tingkat akurasinya lebih baik dibandingkan dengan Crytaldiskinfo atau Samsung Magician. 

Cara Cek?

Cara ceknya sendiri sangat mudah, kamu cuma perlu download HDDSentinel dilink berikut, software ini memakan waktu trial 30 Hari, pilih saja yang portable, dan jika trial sudah habis, download ulang versi portable tadi, nanti akan kembali menjadi trial 30 hari. lumayan lah daripada beli kan? ehehehe. 


Selanjutnya setelah terdownload, kamu masuk saja ke aplikasinya, dan setelah itu, akan terpampang jelas, bagaimana kondisi kesehatan sebuah perangkat storage kamu disana. 


Nah bisa dilihat seperti gambar diatas, kesehatan SSD saya sudah 98%, hal ini dikarenakan SMART Artibutnya sudah memakan sekitar 177 cycle count, ya emang sih ssd itu umurnya lebih pendek dari HDD, tapi untuk 98% sepertinya masih lumayan kuat untuk 4 tahun kedepan. Dan untuk masalah lain tidak ada, termasuk pada dua perangkat lain yang terpasang di laptop saya ini. 

Selain itu, pada taskbar akan menunjukan indicator suhu dari perangkat storage kamu, jadi disini kita bisa memonitor apakah perangkat overheating atau tidak. 


Nah bisa dilihat seperti gambar diatas. Yang keren dari HDD Sentinel ini, dia bisa dengan akurat memonitor semua perangkat HDD atau SSD, bahkan jika itu perangkat External seperti yang saya miliki, selain itu, kadang jika ada perangkat yang benar benar mati total, saya sering melakukan pengecekan HDD dengan cara mencabut dan memasangnya sebagai perangkat external sekedar untuk melakukan pengecekan performa atau kesehatannya. 

Nah seperti itu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Gratis!

0 Response to "Cara Cek Kesehatan Hardisk/SSD Dengan Mudah!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel