Cara Hubungkan Windows Subsystem For Linux ke Linux Server Menggunakan SSH

Nah kawan kawan, kali ini saya akan sedikit berbagi informasi dan tutorial mengenai linux kembali, salah satunya adalah bagaimana sih caranya untuk menghubungkan Windows Subsystem For Linux Windows 10 ke Linux Server menggunakan SSH. 



Sebagai contohnya disini saya memiliki home server dengan menggunakan Linux Server 16.04 yang sudah berjalan cukup lama, dan saya pengen mengaksesnya tanpa menyentuh perangkat server yang saya miliki karena jarak rumah dan kosan saya jauh banget. Nah langsung saja, berikut adalah langkah langkahnya.

Persiapan

Ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan, diantaranya adalah :
  1. Instal SSH Server di Linux Server Kamu.
  2. Pastikan Kamu Menginstal Distro Linux di Windows 10 via WSL.
  3. Pastikan Linux Server kamu Terkoneksi Jaringan.
Jika kedua hal tersebut sudah tersedia lanjutkan kelangkah berikutnya. Jika belum silahkan Googling aja ya gimana cara instal SSH Server di Linux Server. Atau langsung saja pahami dan lakukan langkah tutorial seperti pada halaman berikut.

Cara Menghubungkan

Nah jika sudah, kamu sekarang tinggal buka saja WSL kamu, dan ketikan ssh userkamu@iplinuxserverkamu, dan selanjutnya masukan password userkamu. // Nama userkamu disesuaikan dengan username linux yang kamu gunakan.


Nah setelah selesai terkoneksi kamu bisa langsung mengendalikan server linux kamu darimanapun kamu mau. 

Done. Sebenernya sih, tanpa menggunkan WSL, kamu tetap bisa menggunakan Command Prompt alias CMD dan Windows Powershell untuk masuk ke Linux Server kamu menggunakan SSH. berikut contohnya:

Via Command Prompt

Via Windows Powershell

Nah sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan (づ ̄3 ̄)づ╭❤~, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Cara Hubungkan Windows Subsystem For Linux ke Linux Server Menggunakan SSH"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel