Cara Aktifkan Firewall di Elementary OS!

Firewall merupakan sebuah komponen penting dalam pengamanan jaringan perangkat kita, pada dasarnya hampir semua system operasi memiliki firewallnya sendiri, dan linux merupakan salah satunya. 

Image : Casper Via Unsplash

Apa itu Firewall?

Firewall yaitu suatu kombinasi antara hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang fungsinya menjadi pemisah diantara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data. Pengertian lain dari firewall adalah suatu sistem kemanan pada jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi komputer dari beberapa serangan dari komputer luar.
Menurut Wabopedia.com Firewall merupakan sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi (Private Network). Implementasi firewall pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) atau kombinasi antara keduanya.
Penggunaan dari firewall adalah membatasi atau menjadi pengontrol kepada siapa saja yang memiliki akses ke jaringan pribadi dari jaringan luar. Firewall mengacu kepada sistem pengatur komunikasi antara dua jenis jaringan yang tidak sama. Sekarang, perusahaan-perusahaan mempunyai akses ke Internet dan hal ini tentu jaringan pada perusahaan tersebut mempunyai badan hukum didalamnya, maka perlu dilindungi pada perangkat digital perusahaan dari serangan peretas, mata-mata ataupun pencuri data lainnya.
Dengan firewall dapat memastikan bahwa data pada komputer atau server yang tersambung tidak akan dapat dibuka oleh siapapun di Internet. Apabila ada pihak lain yang membuka atau mengakses informasi pribadi atau mengubah situs web maka akan di blokir oleh firewall.

Pada Elementary OS, Firewall sudah disediakan secara default, namun belum diaktifkan, jadi kita sebagai pengguna perlu mengaktifkannya secara manual. Nah pada artikel kali ini, saya akan sedikit menjelaskan dan memberikan tutorial bagaimana cara mengaktifkan firewall di elementary OS. Oke langsung saja. 

Aktifkan Firewall Via Settings

Pertama, kamu masuk ke System Settings Elementary OS, dan masuk ke Security and Privacy > lalu masuk ke Firewall. 


Selanjutnya, kamu klik pada Unlock disebelah kanan atas dan masukan Password Root kamu. 


Terakhir, kamu tinggal slide saja slider disebelah kanan atas tadi. dan sekarang firewall sudah diaktifkan.


Sekarang, kamu bisa menambahkan konfigurasi pada firewall kamu. Simpel dan mudah sekali. 


Gampang dan simpel, silahkan berikan komentarmu dibawah. Untuk cara mengaktifkan firewall di elementary os menggunakan terminal command akan saya post dilain waktu. jadi stay tune saja kawan kawan. 

0 Response to "Cara Aktifkan Firewall di Elementary OS!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel