Pengalaman Pasang Iklan di Facebook Ads!

Melakukan aktivitas sosial media merupakan salah satu hal yang paling sering saya lakukan, dan salah satunya adalah bersosial di Facebook, sejak tahun 2011 lalu, ketika saya masih duduk dikelas 3 SMP, saya membuat akun Facebook hanya untuk sosial saja. Sampai pada tahun 2016 ketika saya membuat Facebook Fans Page untuk https://www.sayugi.id dulu.


Setelah berjalan cukup lama, sampai sempat vakum dan tidak dijalankan, karena waktu itu saya berhenti menjalani aktivitas blogging, semejak saya membuat https://www.blogsayugi.com ini, Facebook Fans Fage tersebut saya jalankan kembali. Hingga sekarang sudah tidak terasa telah berjalan lebih dari 1 tahun. 

Awal Mula

Awalnya gak ada niat buat melakukan pembelian dan pemasangan Facebook Ads, karena harganya bisa dibilang cukup mahal, namun mungkin dikarenakan akun Facebook dan Facebook Fans Page saya sudah lama, Facebook memberikan kredit sebesar Rp90000 kepada saya. Dan apakah saya langsung terima? enggak!, karena ternyata setelah saya cek, kita harus membeli transaksi minimal Rp100000, dan kredit yang diberikan Facebook masih kurang. Entah Facebook yang pelit apa saya yang pelit. hehehe

Hingga kemarin, tanggal 22 Oktober 2019, saya dengan sedikit rasa penasaran, karena sudah lebih dari 4 kali Facebook mengirimkan notifikasi bahwa saya mendapatkan kredit sebesar Rp90000, saya akhirnya membeli saldo dari Doku Wallet sebesar Rp10000, hingga akhirnya dana tercapai untuk melakukan Transaksi. 

Pembayaran

Pembayarannya sendiri, bisa dibilang sangat mudah dan murah, terlebih karena saya dapet kredit sebesar Rp90000 dari Facebook, saya hanya membayar sekitar Rp10000 saja. Untuk pembayarannya saya menggunakan pilihan transaksi dengan Doku Wallet, karena saya tidak memiliki kartu kredit dan sejenisnya. Beruntungnya Facebook menyediakan pembayaran via Doku Wallet. 


Proses Pemesanan

Setelah melakukan pembayaran, saya hanya mengisi beberapa form yang diberikan, seperti lokasi audience, jumlah audience, lalu rentan umum dari audience, jika sudah menyepakati pemesanan sesuai dengan harga yang diberikan, Facebook akan melakukan Review terhadap iklan yang akan dipasang. Kurang lebih proses Review berlangsung selama kurang dari 12 Jam. 


Jenis Iklan

Saya hanya mengiklankan sebuah postingan berikut, dan mengarahkan audience untuk masuk kedalam blog ini, ya sekaligus menambah juga jumlah pengunjung selain dari Search Engine, hehe



Durasi iklan sendiri, saya memasang selama 6 hari dengan perkiraan jumlah Audience 800 - 1.3K perhari, ya intinya sih disesuaikan dengan harga pemasangan iklan tadi, yang mana disini saya memasang 6 hari adalah seharga Rp100000, jika lebih mahal bisa lebih cepat dan besar juga Audiencenya. 

Hasil dan Pemasangan Iklan

Selama kurang lebih enam hari saya memasang iklan, pengunjung Blog saya meningkat hingga 10% dibandingkan sebelumnya, selain itu Follower di Facebook Fans Page juga meningkat sebanyak 4 % dibandingkan sebelumnya. 

Coba tebak berapa jumlah People Reacted yang dihasilkan? saya kira awalnya akan maksimal 1.3K saja, eh ternyata sampe tembus 5.6K, luar biasa, ya meskipun tidak sebanding dengan jumlah klik yang diberikan juga. 

Pas Hari Pertama

Hari Hari Selanjutnya? Dan Kekecewaan!

Awalnya saya kira bahwa iklan tersebut akan muncul dan tetap akan ada selama masa periode iklan yang saya bayar sebelumnya, namun ternyata kawan kawan, iklan facebook dan kredit yang sebelumnya diberikan ternyata tidak berlaku, saya juga heran kenapa, atau saya sedikit salah dalam konfigurasi iklan, karena sejujurnya saya gak baca tutorial, atau pengalaman orang sebelumnya. Jadi selama hampir 4 hari tayang, setelah hari kedua, atau tepat setelah Rp10000 saya habis, people reachednya itu tidak bertambah lagi. 




Jadi intinya, jika saya simpulkan bahwa, Kredit yang diberikan Facebook itu hanya sebagai pemanis aja, karena setelah dana yang saya keluarkan yaitu Rp10000, itulah dana asli yang membuat iklan tayang. Sampai saat ini, sepertinya iklan masih aktif hanya saja audiencenya berkurang sangat pesat, bahkan tidak aktivitas link clicks lagi, ya meskipun enggak berpengaruh juga sama pengunjung blog ini, namun saya merasa dikecewakan dengan pemasangan iklan ini.

Pelajari Lebih Lengkap : Pasang iklanmu di Blog Sayugi - Harga Murah Meriah!

Nah kesimpulannya nih kawan kawan, jika kamu mendapatkan pesan bahwa kamu mendapatkan kredit sebesar apapun darimanapun jangan dulu percaya deh, karena takutnya jadi kayak gini, tapi gak tau juga sih kalo emang bisa dan beneran dapet, itu mungkin jadi sepenuhnya kesalahan saya karena kurangnya pengetahuan saya dalam digital marketing bersama perusahaan besar. Ya initinya begitulah.

Catatan : Artikel ini akan saya update jika ada perkembangan atau hal lainnya. 

0 Response to "Pengalaman Pasang Iklan di Facebook Ads!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel