Cara Mempercepat Performa Windows 10 - Windows 10 1909!

Kali ini, saya akan sedikit share, gimana tips dan trik saya dalam melakukan optimisasi Windows 10 Pro 1909 yang saya gunakan, karena sudah hampir 1 tahun semejak saya membuat tutorial serupa, yaitu Cara Mempercepat Windows 10, yang saya tulis 1 tahun lalu.


Tutorial ini berhasil mempercepat Windows 10 Pro 1909 yang saya gunakan di Asus K401UQK dan Dell Inspiron 5000 Serries.


Berikut adalah langkah langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat performa Windows 10.

1#. Upgrade SSD


Tidak lain dan tidak bukan karena Windows 10 itu memakan banyak banget Disk Resource, jika kamu pake HDD dengan Speed 5400RPM, maka kecepatannya akan sangat sangat lambat, bahkan untuk Booting sampai benar benar bisa digunakan bisa sampe 2 - 3 menitan. Upgrade SSD setidaknya 128GB sangat saya rekomendasikan sekali.

Baca Juga : 
Lagi lagi, harus upgrade, yap, kenapa harus upgrade, Windows 10 itu untuk versi 64 bit, setidaknya untuk nyaman digunakan, membutuhkan sekitar Minimal 6GB RAM, jadi jika punya dana berlebih silahkan upgrade RAM juga. 

3#. Matikan Services dan Startup

Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, kamu hanya perlu menggunakan Task Manager, dan Microsoft Configurations saja. Untuk mematikan Startup, kamu buka Task Manager, dan didalam Tab Startup kamu matikan saja aplikasi yang sekiranya gak dubutuhkan untuk berjalan di Startup. 

Untuk Services, kamu bisa masuk ke Microsoft Configurations dengan mengetikan msconfig di Start Menu, dan masuk ke Tab Services, disana kamu uncheck saja service yang sekiranya enggak kamu gunakan.


Catatan : Pada Hide all Microsoft Services pastikan kalian ceklis untuk menghindari Error dan kejadian mengerikan lainnya.

4#. Mastikan Startup Via Task Scheduler

Kadang ada beberapa startup yang gak muncul di Task Manager, dan terkesan di Hide daridalam system itu sendiri, kamu sebenarnya bisa menggunakan cara ini via CCleaner, namun menggunakan Task Scheduler sangat saya rekomendasikan. Pertama di Start Menu ketikan task scheduler lalu kamu klik pada task scheduler library. 


Selanjutnya nih didalam Task Scheduler Library kamu klik kanan pada Startup yang dirasa gak perlu dijalankan ketika startup, lalu pilih disable.

5#. Matikan Hibernate

Dengan mematikan hibernate, system tidak akan menyimpan file hiberfill.sys, jadi proses shutdown akan lebih cepat, cara simpelnya adalah, kamu buka CMD as Admin, lalu masukan perintah berikut:

powercfg /hibernate off

6#. Matikan Privacy Settings 

Kadang Microsoft mengambil sebagian data kita, dan tentu saja hal itu membutuhkan sedikit sumber daya, misalkan saja RAM, dan Processor, selain itu Bandwidth internet juga kadang digunakan. Jadi sebaiknya dimatikan saja kan. Cara Masuk ke Settings > Privacy > General.


Lalu matikan beberapa pilihan tepat seperti gambar diatas, selain itu pada bagian Speech, Inking & typing personalizations dan Activity History, kalian set juga ke OFF. Untuk Diagnostic & Feedback kalian set ke Basic.

7# Matikan Cortana

Cortana, selain gak pernah dipake, dia juga enggak support untuk Region Indonesia, jadi lebih baik dimatikan saja. Caranya masuk ke Settings > Cortana, dan kalian set seperti gambar dibawah. 


8#. Matikan Animations and Visual Effect

Didalam Start Menu, ketikan Advanced System Settings > Masuk ke Bagian Performane > Settings. Selanjutnya kamu bisa memilih animasi atau visual effect yang gak dipake, dan kamu bisa memilih juga berdasarkan kategori yang sudah diberikan Microsoft. 


Nah segitu dulu aja kawan kawan, karena setelah saya coba semua cara diatas, saya berhasil meningkatkan performa Windows 10 dilaptop saya, Peningkatan disini memang gak bisa menambah skor benchmark dan lain lain, namun berdasarkan User Experience dia benar benar meningkat, ya menurut saya sih apalah sebuah angka kali UX nya sendiri gak enak digunakan bukan?


0 Response to "Cara Mempercepat Performa Windows 10 - Windows 10 1909!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel