Pentingnya Mengetahui Passion Kamu Sebelum Masuk Kuliah

Sebagai Mantan Mahasiswa, saya akan sedikit sharing aja nih, kenapa penting banget buat kamu mengetahu passion kamu sendiri sebelum masuk kuliah. Karena kebanyakan mahasiswa mereka akan sadar bahwa mereka ternyata salah jurusan ketika sudah masuk ke semester atas, biasanya di semester 4 keatas.

Ini kalo gak salah pas jaman saya semester 4

Apa itu Passion?

Namun sebelum itu, apa itu Passion? Passion merupakan sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa kita merasakan kelelahan. Nah dari sini sebelum kita mulai kuliah, kita harus tahu dulu passion kita itu apa? misalkan kamu suka Musik, Nulis, IT, Mesin? kamu harus benar benar tahu. Karena nanti akan mempengaruhi bagaimana kenyamanan, dan proses mendapatkan pengetahuan dari proses perkuliahan. 

Kenapa Kuliah?

Kuliah itu berbeda banget dengan sekolah, memang awal semester kalian akan diberikan mata pelajaran yang umum, seperti Matematika, Bahasa, Agama, dan lain lain, pada umumnya setiap jurusan dalam fakultas akan selalu bersama dalam beberapa mata kuliah umum ini, kurang lebih selama 2 semester. Namun semejak masuk ke semester 3, disini setiap jurusan akan dipisahkan dan setiap mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah tertentu sesuai dengan peminatan, misalkan kamu jurusan Teknik Informatika, kamu diperbolehkan mengambil beberapa mata kuliah yang kamu suka, misalkan fokus ke Mobile, Web, Desktop Programming, atau fokus ke Jaringan yang meliputi Sistem Keamanan, Server, Linux, dan lain lain. Karena selain mata kuliah umum dari jurusan itu (misalkan algoritma pemrogramman), mahasiswa diperbolehkan juga mengambil mata kuliah lain, selama memenuhi batas SKS yang diperbolehkan.

Dan tentu saja peminatan yang diambil harus sejalan dengan Passion kamu, jangan sampe kamu suka Jaringan, tapi malah ngambil fokus Artificial Intelligence. Nanti kamu pasti stress sendiri. Percaya deh sama saya. 

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengetahui Passion Kamu?

Waktu yang tepat dan paling saya rasa cocok adalah ketika kamu kelas 2 SMA (jika kamu sekolah umum), dan kelas 3 SMP (jika kamu pengen masuk ke SMK), kenapa berbeda? karena nih, jika kamu sekolah SMK, dan kamu emang passionnya pada jurusan tertentu, nanti bakalan cocok banget melanjutkannya di perkuliahan, misalkan SMK dengan jurusan RPL akan cocok untuk Teknik Informatika Peminatan Pemrogramman, lalu SMK dengan jurusan TKJ akan cocok untuk Teknik Informatika Peminatan Jaringan, bisa juga untuk Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi. 

Intinya kamu harus dari awal menentukan minat kamu nanti kemana?

Kesalahan Umum Mahasiswa?

Kesalahan umum yang biasanya terjadi pada mahasiswa adalah, mereka salah mengambil passion dan minat tertentu, misalkan nih kamu passionnya di Desain Komunikasi Visual, kamu malah masuk ke Manajemen, wah salah banget, nanti kamu gak bakalan nyaman dengan pembelajarannya dan kamu bisa saja beresiko sangat besar untuk putus kuliah karena enggak nyaman tersebut. 

Faktanya : Dari total Mahasiswa S1 Teknik Informatika yang seangkatan dengan saya, hanya 70% yang lulus, dan 30% lainnya putus kuliah karena pindah jurusan, atau memang berhenti kuliah dengan alasan kerja. 

Jadi intinya nih kawan kawan, adik adikku yang pengen masuk kuliah, sebelum kamu masuk ke dunia perkuliahan kamu, kamu pastikan dulu kamu nyamannya sebagai apa? jurusan apa, dan meskipun kamu kuliah dikampus keren pun kalo gak sesuai passion kamu bakalan sama sama merasakan rasa tidak nyaman juga.

Share pengalamanmu juga dibawah guys.

0 Response to "Pentingnya Mengetahui Passion Kamu Sebelum Masuk Kuliah"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel