Cara Mudah Membuat Favicon Untuk Blogger dan Website

Ketika membuat sebuah website, blog atau sejenisnya, salah satu yang perlu diperhatikan adalah Favicon, yap sebuah icon yang bakalan muncul pada title setiap halaman. Namun sebelumnya kamu sebagai seorang webmaster, dan admin, kamu harus memiliki dulu sebuah logo unik website atau blog kamu guys. Nah disini saya akan sedikit juga menunjukan bagaimana cara mudah untuk membuat Favicon. 


Membuat Logo

Langkah wajib yang perlu dilalui adalah kamu perlu membuat sebuah Logo, baik itu kamu menggunakan Paint, Corel Draw, Photoshop, dan Software lainnya. Dalam membuat logo blog ini, saya menggunakan Affinity Photo, karena cuma itu saja Software Editing yang saya punya. (ehm original). 


Ukuran : Salah satu yang perlu diperhatikan juga adalah ukuran Pixel yang akan dibuat, saya merekomendasikan kamu untuk membuat logo menggunakan software favorit kamu dengan ukuran 1000x1000 px. 

Membuat File Favicon

Seandainya kamu sudah memiliki logo, dan sudah siap kamu publish, selanjutnya kamu harus membuat sebuah file favicon dengan ukuran 16 x 16 px, agar nanti logonya bisa tampil dengan sempurna di Website atau Blog kamu. 

Langkah 1. Pertama kamu siapkan file Logo kamu, bisa berupa format PNG atau JPEG. 


Langkah 2. Selanjutnya kamu buka browser favorit kamu, dan masuk ke halaman berikut


Langkah 3. Selanjutnya kamu upload Logo kamu, dengan menekan tombol choose file pada halaman tersebut. 


Langkah 4. Selanjutnya klik pada tombol create favicon. Dan selanjutnya web tersebut akan menggenerate logo kamu menjadi favicon. Selanjutnya jika sudah selesai, kamu bisa langsung saja mendownload file Favicon kamu, contohnya tepat kaya gambar dibawah.

Klik pada tulisan Download the generated favicon. Jangan sampai salah.  
Langkah 5. Selanjutnya kamu extract file yang didownload tadi, dan temukan nama file favicon-16x16.png nah itulah logo yang bisa kamu jadikan Favicon pada Blog dan Website kamu, selanjutnya kamu tinggal pasangkan saja pada Blog atau Website kamu guys. 


Nah bagaimana mudah sekali bukan? dibandingkan kamu harus membuat Logo dengan ukuran langsung 16 x 16 px akan susah banget buat dilihat. Silahkan berikan komentarmu dibawah guys, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Mudah Membuat Favicon Untuk Blogger dan Website"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel