Asus K401UQK Setelah 2 Tahun Pemakaian

Akhirnya tepat bulan November ini, saya sudah menggunakan Asus K401UQK ini selama kurang lebih 2 tahun, saya membeli perangkat ini sejak November 2017, dan perangkat ini sudah mengalami beberapa peningkatan dan upgrade yang dilakukan.


Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Review Asus K401UQK ini, dan juga pernah membahas perubahan yang sudah saya lakukan, semua linknya bisa kamu lihat berikut:

  1. Review Asus K401UQ - Desain Tipis Bertenaga
  2. Hands On SSD Samsung Evo 850 - ASUS K401UQ
  3. Hands On Kingspec SSD Half Size Untuk Asus K401
  4. Upgrade RAM Lagi! - Asus K401UQK
Pada artikel ini, saya tidak akan membahas mendetail tentang bagaimana spesifikasi perangkat ini, karena sudah saya bahas sebelumnya pada artikel Review, nah disini saya hanya akan membahas Asus K401UQK ini lebih dari segi User Experience yang didapatkan. 

Performa Hardware dan Battery

Performa dari Asus K401UQK ini bagi saya yang saat ini hanya berprofesi sebagai seorang Blogger, Penulis dan juga seorang Web Developer, performa nya masih sangat dapat diandalkan, semua tugas bisa dikerjakan dengan baik tanpa ada masalah. Semua ini tentu saja dikarenakan beberapa upgrade yang pernah saya lakukan yang diantaranya adalah Upgrade SSD (Samsung Evo 850, dan Kingspec), Upgrade RAM 16 GB. 

Samsung 850 Evo 250 GB
Kingspec 256 GB
Teamgroup 16 GB DDR4 Sodim 2.4 Ghz

Kegiatan yang saya lakukan sehari hari dalam menggunakan perangkat ini diantaranya adalah untuk Menulis (Blog, Winpoin, dan Novel), selain itu untuk Ngoding tentu saja, dan terakhir untuk Entertainmenr seperti nonton Anime, Film, dan situs streaming populer. 

Pengen deh ngeklik pojok kanan atas.
Selain itu, untuk performa Gamingnya sendiri, saya rasa cukup deh, saya sering main game Chivalry Madieval Warfare, dan kadang Men Of War. Semua berjalan dengan baik tanpa ada Lag dan masalah. Untuk performa Editing, saya sering menggunakan Camtasia Studio, Davincy Resolve dan juga Affinity Photo, dan tentu saja lagi lagi semua berjalan dengan lancar.

Davinci Resolve Free 15

Tentu saja sebagai perangkat yang memiliki battery, hal ini perlu diperhatikan juga, sudah dua tahun saya menggunakan perangkat ini, dan dalam segi daya tahan, masih OK dan terbilang cukup. Dulu awal beli saya mampu menjalankan tugas kuliah yang hanya membuka Office, Chrome, dan Wifi On, sekitar 7 - 9 Jam jika Power Saving Mode diaktifkan, sekarang, untuk melakukan tugas yang sama mampu antara 5 - 6 Jam. Semua ini mungkin dikarenakan saya benar benar memperhatikan bagaimana pengisian battery, seperti tidak mencabut power ketika digunakan. 

Battery Wear Hanya 20%

Keyboard Dan Layar

Tentu saja sebagai seorang blogger dan penulis, kenyamanan keyboard selalu saya utamakan, hampir setiap hari saya pastikan tidak ada debu yang masuk kedalam keyboard, dan selama 1 tahun sekali, saya semprot pake air compressor. 



Kenyamanannya sendiri saya rasa, mantap aja, hampir tidak ada masalah terhadap keyboard, saya mampu menulis dengan rajin dan baik. Selain keyboard, layar juga sudah saya pasang Screen protector dan siapapun yang nyentuh layar, bakalan saya hajar. Saya paling males kalo ada orang yang pegang pegang layar seolah mereka bodoh dan gak tahu bahwa layar adalah sesuatu yang sensitif pada perangkat laptop. 



Selama 2 tahun ini, screen protector sudah saya ganti, dan tentu saja aman, tidak ada goresan, minyak dan sebagainya. 

Untuk masalah hardware selama pemakaian 2 tahun ini, belum ada yang bermasalah, baik itu USB, Camera, Speaker, Mic, Wifi, Bluetooth, semua masih normal dan masih sangat on fire. Ya mungkin terjaganya hardware ini karena perawatan yang sudah saya lakukan. 😁

System Operasi

Sekarang saya menggunakan Windows 10 November 2019 Update di Samsung 850 Evo, dan Elementary OS di SSD Kingspec saya. Selama ini tentu saja masalah OS adalah komponen penting lainnya. semuanya masih normal, meski sempat beberapa kali melakukan Upgrade, Reinstal dan bahkan Blue Screen. 



Apa Saja Perawatan Yang Saya Lakukan?

Berkali kali saya mengatakan perawatan, nah mungkin ada yang penasaran apa sih perawatan yang saya lakukan terhadap Asus K401UQK ini? 

1#. Memasang Garskin dan Screen Protector. 

Untuk Garskin saya jadwalkan agar diganti tiap 3 tahun sekali, yang berarti November depan saya akan ganti Garskin. Sedangkan untuk Screen Protector saya jadwalkan selama 1 tahun sekali untuk pergantian. 

2. Membersihkan Komponen Harian, Mingguan, Bulanan. 

Agar tetap awet tentu saja komponen harus selalu bersih terjaga, ada tiga jadwal berbeda dalam hal ini, untuk harian, saya selalu membersihkan Keyboard dengan Kuas Makeup pacar saya. 😂, dan untuk Mingguan, saya membersihkan Layar dan Body perangkat dengan menggunakan Kain Pembersih Kacamata, sedangkan untuk Tahunan, biasanya saya bongkar perangkat dan mulai membersihkan bagian Kipas dan mengganti Pasta. Untuk pembersihan debu pada bagian dalam laptop saya biasanya menggunakan Air Compressor, kali kalian orang bengkel pasti tahu deh. Saya semprotkan, dan debu langsung hilang. 

3. Simpan dan Gunakan Dengan Gentle. 

Jangan banting, jangan disiram, jangan dimarahi, jangan diduduki apalagi ditiduri, saya selalu memastikan perangkat Asus K401UQK ini selalu dalam tempat yang bersih, aman dan nyaman. 

Kesimpulan

Setelah saya bahas diatas, tentang bagaimana kondisi Asus K401UQK harusnya semuanya sudah menangkap deh, jika dirawat dengan baik, perangkat ini masih layak untuk digunakan setidaknya sampai 5 tahun kedepan, untuk performa mungkin akan semakin menurun karena semakin bertambahnya resource Apps dan OS, namun untuk pemakaian normal kayak saya yang cuma seorang Blogger, Penulis dan Web Developer ini, ini masih sangat sangat layak untuk digunakan. 

Ada pertanyaan? atau masukan? silahkan kalian berikan komentar dibawah guys. Terima kasih. 

0 Response to "Asus K401UQK Setelah 2 Tahun Pemakaian"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel