Mending 32 atau 64 Bit Untuk Instalasi Windows 10?

Mungkin sebagain orang akan bertanya tentang hal ini, "saya mau instal Windows 10, mending 32 atau 64 bit ya?". Terutama untuk pengguna yang baru saja masuk kedalam dunia IT akan sedikit kebingungan terkait masalah ini. 


Sebenarnya tidak masalah kamu mau memilih 32 atau 64, selama spesifikasi perangkat sudah mencukupi, jika perangkat sudah hadir dengan RAM diatas 4GB, tentu saja saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan 64 Bit. Namun sebelum memilih dan memutuskan, sebaiknya kamu mengetahui dulu bedanya 32 dan 64 bit, yang kebanyakan banyak orang juga enggak tahu dan enggak paham terkait dua insan yang berbeda ini. 

32 Bit / x86

Faktanya, dalam beberapa perangkat baru keluaran 2008 sampai sekarang, bisa dibilang semuanya sudah mendukung 64 bit / x64, hanya saja perbedaan arsitektur yang diberikan OS akan berbeda dan akan memberikan pengaruh performa yang lumayan besar, salah satunya adalah RAM, untuk OS dengan 32 Bit, dia tidak akan support RAM hingga diatas 3.5 GB (sesuai pengalaman saya), meskipun RAM terpasang 4GB, terbaca hingga 3.5 merupakan sebuah keajaiban, karena rata rata akan terbaca di 2.9 atau bisa saja kurang. 

Selain itu, performa yang diberikan akan lumayan ringan jika kamu menggunakan 32 Bit, karena sekali lagi dengan terbatasnya RAM di perangkat yang digunakan, OS akan menyesuaikan dengan seberapa handal spesifikasi, dan seberapa layak OS mendapatkan resource tersebut. 

Untuk masalah kompatibilitas software, sekarang banyak software yang menghentikan dukunganya untuk OS 32 Bit, karena OS 32 bit tidak bisa menginstal aplikasi 64 Bit. Bedahalnya dengan aplikasi 64 Bit yang bisa menginstal aplikasi 32 bit. 

Intinya : RAM dibawah 4 GB, gunakan 32 Bit!

64 Bit / x64

Untuk perangkat dengan 64 Bit biasanya akan support untuk OS dengan 64 Bit juga, selain mendukung RAM diatas 4 GB, Di versi 64-bit juga dilengkapi dengan fitur PatchGuard untuk mencegah adanya malware yang mengubah kernel. Ini cukup penting untuk menjaga kestabilan sistem dari perubahan kernel yang tidak diinginkan.


Beberapa aplikasi yang membutuhkan algoritma matematis tinggi seperti rendering 3D juga akan berjalan dengan lebih optimal di Windows 64-bit. Program enkripsi juga berjalan lebih cepat di 64-bit.


Selain itu kamu masih bisa menginstal aplikasi 32 Bit (jika di Windows), maka aplikasi 32 Bit akan masuk ke C:/Program Files (x86), dan aplikasi 64 Bit akan masuk ke C:/Program Files.


Spesifikasi Minimal Untuk 64 Bit di Windows 10?

Jika kamu masih menggunakan perangkat yang terbatas, misalkan di RAM 3gb ddr2, core 2 duo 2,2ghz x64 based processor, vga gt 630 2gb ddr2 128 bit. Sebaiknya gunakan saja Windows 7 32 bit, karena akan sangat lambat jika menjalankan Windows 10 bahkan yang 32 Bit. bisa sih bisa, cuma gak enak aja buat dipake. 

Rekomendasi saya untuk menjalankan Windows 10 64 Bit adalah :
  • Processor (Minimal Intel Core i3 Gen 3 keatas). 
  • RAM 6 GB
  • SSD Sata 128 GB
Itu saja, selama pake SSD dijamin Windows 10 bakalan lancar, meski hanya dengan menggunakan Intel Core i3. Jika kamu masih menggunakan Intel Celeron N4000 dan RAM 4 GB, sebenarnya kamu masih bisa menggunakan Windows 10 64 Bit, cuma tolong, upgrade ke SSD untuk pengalaman terbaik. 

Nah silahkan berikan komentarmu dibawah mengenai hal ini. 

0 Response to "Mending 32 atau 64 Bit Untuk Instalasi Windows 10?"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel