Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Banyak Komentar Disqus Ditandai SPAM Tanpa Sepengetahuan Moderator!

So, akhir akhir ini ada beberapa komentar yang selalu saya pantau baik di WinPoin atau di Blog saya ini, dan beberapa diantaranya ditandai sebagai Spam oleh Disqus.


Sedikit penjelasan bahwa, baik WinPoin atau Blog Sayugi, keduanya menggunakan Disqus Comment System, yang memang bisa dibilang lebih baik dibandingkan Comment System Defaultnya, keduanya tidak ada yang diubah konfigurasinya dan seluruh konfigurasi disqus adalah default sejak awal sampai sekarang. 

Terkait spam, beberapa komentar yang ditandai spam adalah komentar yang mengandung link dan juga mengandung media, entah kenapa namun disqus secara otomatis menandainya sebagai spam, padahal setelah saya cek tidak ada yang janggal dari komentar tersebut, misalkan saja salah satu komentar dari mas yafi dari techhijau.my.id ini. 


Sudah tujuh bulan lalu, dan baru ke cek sekarang, sorry banget mas.

Nah jika komentar seperti berikut, itu pantas untuk diblokir karena memang melangar kebijakan dan privasi di blog sayugi misalnya. 


Karena disqus memang menandai beberapa komentar menjadi spam jika mengandung kata porno atau kata yang berkaitan dengan perjudian, penculikan, pembunuhan dan lainnya. 

Nah diatas adalah salah satu contoh dari komentar di halaman blog sayugi, jika di WinPoin beda lagi, karena ada banyak bahkan ada ratusan komentar yang ditandai sebagai spam, saya sendiri tentunya agak kewalahan kalo harus menyortir seluruh komentarnya yang ribuan sendirian, dan disqus menandai dan menghilangkah sebagian komentar disana. Tentu saja deh banyak pembaca jadi kepo dan malah kesel sama moderator dan menyangka kami memblok komentar mereka, padahal tidak


Dari beberapa komentar diatas, hampir semuanya tidak ada issue yang terdeteksi, dan harusnya tampil dengan baik di disqus, namun ternyata malah ditandai spam oleh disqus tanpa sepengetahuan moderator sekalipun. 

Jika Komentar Ditandai Spam Oleh Pengguna Lain

Nah pengguna sendiri bisa memberikan report kepada komentar pengguna lain dan menandainya sebagai spam, sehingga semakin banyak report yang diterima system disqus maka komentar tersebut bisa dengan cepat ditandai sebagai spam oleh disqus dan tidak jadi tampil dihalaman website. 


Tidak Pernah Ada Banned User Tanpa Alasan Yang Jelas

Akhir akhir ini ada pembaca yang mengira bahwa akun miliknya telah di banned dikarenakan komentarnya tidak selalu muncul, namun perkiraannya salah, semua komentarnya ditandai sebagai spam oleh disqus dan menghilang begitu saja, baik WinPoin atau Blog Sayugi, keduanya tidak pernah memblokir akun pengguna tanpa alasan yang jelas, misalkan seperti pelanggaran privasi, jual beli ilegal dan lainnya pasti itu akan di banned oleh moderator, jika sudah ketahuan melanggar ya. 


Misalkan akun diatas, akun tersebut di banned karena melanggar kebijakan WinPoin karena menjual belikan software atas nama WinPoin. 

Kesimpulan

Nah setelah pembahasan saya diatas, yang cukup panjang dan melelahkan ini, maka bisa kita sedikit ambil kesimpulan bahwa disqus terkadang menandai komentar sebagai spam tanpa sepengetahuan pengguna bahkan moderator, beberapa diantaranya memang ditandai dan dilaporkan pengguna lain sehingga disqus bertindak dengan super cepat, namun terkadang disqus sendiri mengambil keputusan dengan menandai komentar sebagai spam secara langsung jika komentar tersebut mengandung gambar, atau link didalamnya. 

Saya juga tidak mengerti kenapa, karena saya dan team tidak pernah mengutak ngatik konfigurasi default di disqus, karena sekali lagi seluruh konfigurasi disqus di WinPoin atau di Blog Sayugi adalah default sejak awal sampai sekarang. Bahkan bisa saja blog atau website kamu terkena hal seperti ini. 

Jadi buat kawan kawan pembaca setia, baik di Blog Sayugi atau di WinPoin, saya mohon maaf jika komentarnya ditandai sebagai spam, saya juga baru cek hari ini karena memang sekarang hari minggu dan kerjaan saya enggak banyak banyak amat, jadi saya ada sedikit waktu untuk meluangkan melihat beberapa komentar 1 minggu kebelakang, dan saya disana lumayan terkejut juga karena beberapa komentar yang saya baca sebelumnya tiba tiba ditandai sebagai spam. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Banyak Komentar Disqus Ditandai SPAM Tanpa Sepengetahuan Moderator!"