Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bootable Instalasi Elementary OS

Kali ini saya akan memberikan langkah dan tutorial untuk membuat salah satu Bootable OS favorit saya, yaitu Elementary OS. Pada kenyataannya hampir semua pembuatan Bootable bisa dibilang sama, baik itu Ubuntu, Mint, bahkan Windows. 

Nah saya disini hanya memberikan langkah dasar sekaligus mendokumentasikan apa yang saya ingat karena bisa saja suatu saat saya lupa. So berikut Cara Membuat Bootable Instalasi Elementary OS.

Langkah 1. Download Rufus pada halaman berikut,

Langkah 2. Buka dan Jalankan Rufus. (Versi yang kalian gunakan mungkin berbeda dengan saya, disini saya menggunakan Versi 2.6). Masukan Flashdisk kalian, dan lihat pada Device, pastikan Flashdrive kalian sudah terdeteksi disana. 


Langkah 3. Selanjutnya kamu klik Pada Boot Selections, pada tombol select masukan file instalasi OS kalian, dalam kasus kali ini adalah File ISO dari Elementary OS. 

 
Langkah 4. Selanjutnya kamu set partitions scheme dari OS yang akan kalian Install. Dalam kasus ini saya memilih GPT karena laptop saya menggunakan UEFI dan UEFI identik dengan GPT, jika kalian menggunakan BIOS Legacy, kalian pilih MBR. Pada Target System saya set ke UEFI non CSM karena memang perangkat saya menggunakan konfigurasi seperti itu di BIOS nya. 


Langkah 5. Selanjutnya klik Start jika semua langkah diatas sudah dirasa cukup. Proses akan berjalan dan selesai secara otomatis






Ketika sudah selesai seperti gambar diatas, kamu bisa langsung saja melakukan instalasi OS menggunakan Flashdrive yang sudah kamu jadikan Bootable barusan. 

Nah bagaimana? simpel sekali bukan? langkah ini bisa kalian gunakan juga untuk instalasi Windows 10, Ubuntu, Mint, dan semua OS yang rata rata sama, kecuali Hackintosh tentunya. Silahkan dicoba dan semoga berhasil. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Membuat Bootable Instalasi Elementary OS"