Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update Antivirus Bawaan Windows 10 Dengan Sangat Mudah Melalui CMD!

Windows 10 bagi kamu yang belum tahu, sekalipun kamu tidak menggunakan menginstal Antivirus Third party sekalipun, kamu sudah dilindungi dengan Windows Defender secara default pada system operasi Microsoft yang satu ini. 


Meskipun memang kurang terkenal dikelasnya, namun proteksinya untuk sekarang sudah tidak diragukan lagi, berdasarkan informasi dari AVTest, Windows Antivirus/Windows Defender menjadi salah satu Top Antivirus terbaik untuk melindungi system operasi Microsoft Windows. 

Sudah Terinstal Otomatis

Salah satu keuntungan dari Windows Defender adalah, antivirus ini sudah terinstal secara default di Windows 10, bahkan terintegrasi juga dengan Windows Firewall, dan sudah cukup untuk memproteksi perangkat kamu baik itu dari ancaman offline ataupun online. 


Metode Update

Sebenarnya metode updatenya sendiri sudah diberikan secara otomatis melalui Windows Update tepatnya pada Cumulative Update dan Security Update tertentu, namun Windows Defender memiliki sebuah metode update lain yang biasa disebut dengan Security Intelligence yang mana akan terus melakukan auto update virus definitions secara otomatis dan berjalan di background, jadi harusnya masalah update virus definitions bukanlah menjadi masalah.

Kamu bisa juga melakukan update secara manual melalui settings Windows Security > Virus & threat protection > Virus & threat protection updates > Check for updates, hanya saja dalam beberapa kasus update tidak berjalan dengan baik, dan karena itu kamu bisa melakukan langkah manual melalui CMD. 

Cara Update Virus Definitions Secara Manual

Nah bagi kamu yang pengen manual melakukan update Virus Definitions, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah 1. Buka Command Prompt as Admin. 


Langkah 2. Selanjutnya masukan perintah berikut:

"%ProgramFiles%\Windows Defender\MpCmdRun.exe" -SignatureUpdate

Selanjutnya akan berjalan proses seperti gambar diatas, namun jika gagal, kamu harus membersihkan cache dari virus definitions sebelumnya dengan memasukan perintah berikut:

"%ProgramFiles%\Windows Defender\MpCmdRun.exe" -removedefinitions -dynamicsignatures

Penutup

Nah bagaimana menurutmu? langkahnya mudah sekali bukan, bahkan nih tanpa menginstal Antivirus Pihak ketigapun kamu bisa merasa aman dengan hanya menggunakan Windows Defender, selama kamu tidak bermain main dengan software bajakan, ilegal yang bisa saja mengandung malware didalamnya.  

Nah apakah kamu pake Windows Defender juga? share komentarmu dibawah guys. 
 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Update Antivirus Bawaan Windows 10 Dengan Sangat Mudah Melalui CMD!"