Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Opera Browser Assistant Dan Bagaimana Cara Mematikannya?


Jika kamu pengguna Opera Browser di perangkat desktop kamu, apakah kamu sadar bahwa di halaman tab startup dalam Task Manager akan menampilkan sebuah aplikasi bernama Opera Browser Assistant?. Seandainya kamu penasaran, kali ini saya akan sedikit membahas perihal aplikasi yang berjalan di startup tersebut. 


Apa Itu Opera Browser Assistant?

Opera Browser Assistant yang memang berjalan dari Start Up dan akan muncul di System Tray Icon memiliki fungsi yang terbatas untuk akses pengguna, ketika di klik di System Tray Icon, pengguna akan diberikan pilihan untuk 'Launch Opera' atau 'Close', lalu apakah fungsinya hanya sebatas itu?


Berdasarkan beberapa sumber terkait, Opera Browser Assistant ini membantu dan memaksimalkan opera, seperti Update Otomatis, Start Up aplikasi yang lebih cepat, hal ini dikarenakan secara default membuat opera sudah berjalan di background dan ketika kamu close, dia tidak benar benar tertutup dan masih berjalan sehingga ketika membuka opera kembali, aplikasi akan langsung terbuka tanpa harus menunggu sepersekian detik. 

Cara Mematikan Opera Browser Assistant

Nah jika kamu merasa enggak membutuhkan fungsi untuk update otomatis, dan fast startup, kamu bisa mematikan Opera Browser Assistant melalui Task Manager sehingga nanti dia tidak akan berjalan dari start up kembali. 

Langkah 1. Pertama buka Task Manager dan masuk ke Tab Startup. 


Langkah 2. Klik kanan pada Opera Browser Assistant dan pilih Disable, tepat seperti gambar diatas. Dan selesai deh, kini Opera Browser Assistant tidak akan berjalan lagi baik melalui startup dan tidak akan berjalan juga di System Tray Menu. 

Nah semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Referensi : Opera, GHacks
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Apa Itu Opera Browser Assistant Dan Bagaimana Cara Mematikannya?"