Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Linux Dari Dual Boot Windows dan Linux


Sebelumnya mungkin para pembaca sudah mengetahui bahwa saya menggunakan Elementary OS, dimana pada OS tersebut sudah saya mod dengan tampilan dan fitur favorit saya nih, misalkan seperti Jam dan Tanggal di Wingpanel ada dikanan, dan bahkan Icon dan Temanya sudah saya ganti. 

Sedikit informasi menyedihkan, kemarin entah kenapa WiFi di Elementary OS tersebut tidak bisa terkoneksi dengan router saya, padahal jika di perangkat lain bisa loh, dan bahkan berjalan normal, nah saya coba deh cari penyebab dan langkah perbaikannya, eh tanpa diketahui, dengan polosnya saya hapus salah satu komponen penting di Linux yaitu Network Manager, dan akhirnya selesai sudah Elementary OS saya sudah tidak bisa lagi terkoneksi dengan koneksi apapun, baik WiFi atau LAN. 

Nah dikarenakan hal tersebut, saya sudah mencari juga berbagai metode untuk perbaikannya, namun berhubung saya udah kesal dan benar benar stuck, saya putuskan untuk menghapus Elementary OS saja, dan kini lebih fokus dengan Windows 10. Sebenernya langkah perbaikan masalah ini mudah loh, cuma perlu instal lagi Network Manager dengan perintah sudo apt-get install network-manager, cuma masalahnya EOS saya udah gak bisa lagi terkoneksi dengan jaringan apapun. 

Cara Hapus Linux Dari Dual Boot Windows dan Linux

Tanpa banyak intro dan basa basi, berikut adalah Cara Hapus Linux Dari Dual Boot Windows dan Linux. 

Langkah 1. Pertama, hapus Boot Manager Linux di EFI Partitions. Caranya mudah saja, di Windows 10 kamu buka CMD as Admin dan ketikan mountvol X: /s


Langkah ini akan melakukan Mounting EFI Partitions, hanya saja kamu memerlukan File Explorer khusus untuk membukanya, saran saya gunakan Explorer ++ yang bisa kamu download disini

Langkah 2. Selanjutnya buka Explorer++ dan masuk ke directory EFI Partitions > EFI. 


Seharusnya didalam EFI Partitions ada Folder bernama EFI, kamu masuk ke folder tersebut, dan didalamnya ada Folder (Boot, Microsoft (yang berisi Windows 10), dan ubuntu). 



Langkah 3. Selanjutnya Hapus Folder ubuntu tersebut. Dan Close Explorer ++, selanjutnya Restart Windows 10 kamu. 

Catatan : Jangan pernah kamu salah hapus didalam folder EFI, dimana bisa saja Windows 10 kamu ikutan menghilang darisana, namun jika sudah selesai dan berhasil, kamu tidak akan lagi dihadapkan dengan opsi memilih sistem operasi pada Dualboot Linux dan Windows 10. 

Langkah 4. Selanjutnya setelah Reboot selesai, kamu masuk Disk Management, dan hapus partisi SWAP dan Root Linux kamu sebelumnya. 


Dan setelah selesai, kamu bisa langsung melakukan merge Partitions yang tidak digunakan agar bisa digunakan sebagai data atau mereformat partitions tersebut. 

Kesimpulan

Terlihat mudah bukan? hanya saja sekali lagi langkah disini itu tidak saya rekomendasikan bagi pengguna yang terburu buru, karena sekali saja salah menghapus, bisa saja Windows 10 kamu gak bisa boot, atau bahkan kehilangan seluruh data di perangkat HDD kamu. Pastikan kamu membaca tutorial diatas dengan baik, dan cermat, segala kesalahan bukan menjadi tanggung jawab saya, karena saya sendiri berhasil, bahkan dengan metode dualboot yang berbeda. 

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah, atau bisa DM saya di Twitter @gylang_satria. 

Video Bukan Tutorial, Namun Sedikit Terkait



Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Hapus Linux Dari Dual Boot Windows dan Linux"