Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Semua Folder Memiliki Folder View Yang Sama Di Windows 10

Sedikit bercerita, masih terkait dengan salah satu hal yang selalu saya kembangkan dalam penggunaan teknologi Windows 10, yaitu bagaimana melakukan management file dan folder yang baik, setelah saya mencoba berbagai cara dan metode, ternyata nih menggunakan folder view 'details' merupakan langkah yang tepat untuk mempermudah dan mempercepat proses pencarian file di File Explorer di Windows 10.


Nah pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukan sedikit tutorial bagaimana mengatur semua folder di Windows 10 agar memiliki 'folder view' yang sama, dan dalam kasus saya saya menggunakan type details. Berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Kamu masuk ke Folder utama/main folder dimana seluruh folder dan file yang akan kamu ubah. (misalkan disini saya memilih local disk E/ Random Files. 


Bisa dilihat bahwa saya sudah mengubah folder & file view ke details, dan saya ingin seluruh folder didalam folder 'random files' itu juga menggunakan konfigurasi yang sama, bayangkan deh kalo didalam folder ada puluhan folder lagi, kalo kalian ubah satu satu butuh berapa lama coba?. 

Langkah 2. Klik pada View > Options. 


Selanjutnya folder options akan muncul. 

Langkah 3. Didalam Folder Options, kamu pilih Tab View lalu pilih Apply to Folders.


Jika ada pesan notifikasi pemberitahuan seperti gambar berikut, klik saja Yes. 


Terakhir, klik OK dan selesai deh, kini semua folder didalam main folder yang kamu ubah sebelumnya, sudah mengikuti folder view dari main folder tersebut. 


Nah silahkan kamu coba sendiri, langkah ini tentunya berhasil 1 juta persen bagi saya, bagi kamu yang gagal, silahkan pahami lagi langkah diatas karena memang mudah sekali untuk diimplementasikan. 

So hal ini saya lakukan dengan maksud dan tujuan untuk menambah performa ketika proses indexing folder, karena untuk HDD saya sendiri sudah penuh dan perlahan performanya lambat banget apalagi jika harus menampilkan thumbnail untuk tiap file dan foldernya. Selain itu dibandingkan folder view type list, saya masih suka dengan type details karena menunjukan type dan format si file itu sendiri. 

Silahkan berikan komentarmu dibawah, jika ada pertanyaan, jangan segan untuk bertanya. 😁

Video Tutorialnya...


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mengatur Semua Folder Memiliki Folder View Yang Sama Di Windows 10"