Kenapa Windows 10 Memiliki Banyak Service Host Process di Task Manager?


Baru baru ini pada channel Youtube saya, ada seorang pengguna yang bertanya, "Punya saya banyak service host nya gimana itu bang,mohon balasannya", karena mungkin penjelasan akan sangat panjang dan memakan banyak waktu, saya akan buatkan penjelasannya melalui Artikel ini dan Video Youtube dikemudian hari (seandainya pekerjaan saya sudah saya selesaikan). 



Apa itu Service Host Process?

Berdasarkan halaman Ask AVG, Svchost.exe yang juga dikenal sebagai Service Host Process merupakan sebuah system process yang digunakan sebagai Windows services sejak perilisan Windows 2000. Dulu Service Host Process berjalan dalam satu proses tunggal, namun sejak Windows 10 Creators Update, Service Host Process berjalan dalam proses terpisah. 

Service Host Process secara gampangnya dimaksudkan Microsoft untuk mengurangi penggunaan RAM dan menghindari adanya Attack Surface.


Sebenarnya untuk Windows 7 sendiri, kamu bisa melihat Service Host Process Task Manager, hanya saja dulu tidak ditampilkan seperti sekarang, kamu harus masuk ke tab process untuk melihat beberapa Service Host Process yang memang tidak ditampilkan dengan nama Service Host. 


Kenapa Ada Banyak Service Host Process?

Jika kamu lihat pada Task Manager, ada berbagai jenis dari Service Host Process, atau svchost.exe, untuk setiap proses tersebut menjalankan setiap fungsi shellnya masing masing, ada yang bekerja untuk mengatur firewall, mengatur bagaimana remote proccedure berjalan, bagaimana DNS Client bekerja, bagaimana user interface ditampilkan dan lainnya, sehingga seandainya kamu mematikan salah satu fungsi dari service host process, kemungkinan besar akan ada salah satu fungsi Windows 10 yang rusak dan tidak bisa dijalankan kembali. 


Selain itu berdasarkan halaman winaero, mulai dari Windows 10 build 14942, service host yang sebelumnya berjalan dalam satu grup yang sama, kini tidak lagi digrupkan selama kamu memiliki RAM lebih dari 3.5 GB, sehingga dengan itu svchost.exe akan terlihat sangat banyak karena memang tidak ditampilkan secara grup.

Service Host Process Memakan Banyak CPU dan RAM!

Kadang pada saat tertentu kamu akan melihat Service Host Process ini menggunakan banyak sekali sumber daya CPU dan RAM, hal ini biasanya (sesuai pengamatan saya), adanya proses Windows Update yang berjalan, baik itu sedang melakukan downloading update atau melakukan installing update, namun normalnya setelah update selesai Service Host Process tidak akan menggunakan banyak sumber daya lagi. 


Lalu kenapa di Windows 7 Service Host Process itu tidak memakan banyak RAM dan CPU, hal ini tentunya kembali lagi dengan bagaimana Windows 10 dikembangkan, apalagi dengan berbagai telemetry Windows 10 yang baru, seperti bagaimana Update diberikan, adanya Microsoft Store, ada berbagai privacy service, dan fitur fitur canggih lain yang memang mungkin saja gak kamu sadari. 

Keuntungan Adanya Service Host Process Seperti Ini

Ada beberapa keuntungan dengan pemberian model svchost seperti ini, dan seperti dikutip dari halaman winaero, berikut adalah keuntungannya. 

Peningkatan reliability: Jika satu Service Host Process rusak/hang/not responding, hal itu itu tidak akan mempengaruhi Service lain atau proses host svchost.exe lain. Bahkan jika Service Host svchost.exe dihentikan.
Peningkatan Transparansi: Pengguna dapat dengan jelas melihat penggunaan sumber daya sistem untuk setiap layanan pada perangkat mereka. Anda dapat menggunakan tab Processes atau tab Details untuk melihat penggunaan Memori, CPU, Disk dan Network per layanan dengan mudah.
Mengurangi biaya servis: Mengikuti laporan ketidakstabilan, service engineers, IT admins, dan Microsoft engineers dapat dengan cepat menunjukkan masalah yang terkait dengan layanan yang tepat dan memperbaikinya.
Peningkatan keamanan: Proses isolasi dan set izin individu untuk layanan akan meningkatkan keamanan dari adanya tindakan Attack Surface dan lainnya.

Service Host Process Bisa Menjadi Virus

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, Sandainya kamu sering menggunakan berbagai macam crack dan aplikasi ilegal lainnya, terutama dalam melakukan patch dan crack Windows, bisa saja ada salah satu Service Host Process yang menjelma menjadi semacam virus atau malware, yang mana bisa ditandai dengan penggunaan CPU dan RAM yang selalu tinggi dan tidak pernah menurun, selain itu kadang perangkat sering Hang akibat penggunaan RAM dan CPU tersebut, dan berbagai masalah lainnya. 

Kesimpulan

Banyaknya Service Host Process bukanlan sebuah masalah, yang menjadi masalah adalah seandainya kamu menggunakan semacam crack atau patch yang membuat Service Host Process menjelma menjadi sebuah virus atau malware, sehingga mengacaukan system operasi dan perangkat kamu, niat Microsoft dengan mengubah model Service Host Process lama di Windows 7 menjadi Service Host Process model baru di Windows 10 merupakan sebuah niat baik dengan niat untuk mengurangi jumlah pemakaian RAM dan mencegah adanya Attack Surface, Namun memang kembali lagi selama perangkat masih menggunakan spesifikasi yang cukup rendah (Ram dibawah 3.5 GB dan Tanpa SSD), Service Host Process bisa saja menjadi sebuah gangguan, apalagi seandainya Windows Update sedang berjalan. 

Disclaimer : Artikel ini bisa saja memiliki kesalahan dalam sudut pandang berbeda, jadi mohon dimaklumi jika ada kesalahan. 

0 Response to "Kenapa Windows 10 Memiliki Banyak Service Host Process di Task Manager?"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel