Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Telemetri Baru Windows 10

Baru baru ini Microsoft mengubah telemetri perihal Diagnostic Data yang dikirim dari perangkat pengguna ke Microsoft, mulai dengan build 19577 yang diperkenalkan pada insider fast ring beberapa waktu lalu, mereka mulai memperkenalkan “Require Daigonistc Data” dan “Optional Diagnostic Data”.


Pada dasarnya, sekarang pada build dibawah 19577, pengaturan di Windows 10 akan menunjukan Basic dan Full, yang mana menjukan Basic itu mengirimkan data dasar mengenai perangkat, seperti settings, dan kemampuan performa perangkat, sedangkan Full akan mengirimkan semua diagnostic data dasar, bersamaan dengan informasi website yang kamu kunjungi, device health, device activity, dan peningkatan error reporting


Jika kita lihat namanya, basic dan full sebagian orang akan merasa bahwa Microsoft benar benar mengawasi aktivitas pengguna dengan perangkat mereka, terutama konfigurasi full, dan dengan itu dimulai dengan build 19577, Microsoft mengubah penamaan telemetri tersebut. 

Perubahan nama tersebut mencakup “Basic Diagnostic Data” menjadi “Require Daigonistc Data” dan “Full Diagnostic Data” menjadi “Optional Diagnostic Data”, perubahan ini kini terlihat lebih memberikan transparansi kepada pengguna, akan bagaimana Microsoft mengambil diagnostic data tersebut.

Sedikit perlu diketahui, bagi pengguna Windows 10 build 19577 (insider fast ring) sangat wajib sekali untuk mengubah konfigurasi diagnostic data menjadi full, karena jika tidak, mereka akan stuck dan tidak akan mendapatkan build insider selanjutnya. Hal ini karena penamaan tersebut sudah berubah. 

Note: Please make sure your device is set to “Full” before updating to Build 19577. You will not be able to take future flights if your diagnostic level is left at “Enhanced”. AAD/Domain-joined PCs set to “Enhanced” will be blocked from taking Build 19577. For more information, see this Answers post.

Penamaan Berubah, Fitur Dan Fungsi Masih Sama!

Yang penting untuk diingat adalah, meskipun nama dari Diagnostic Data kini berubah mulai dari Build 19577, fungsi dan fiturnya masih sama seperti sebelumnya, yang mana “Require Daigonistc Data” hanya akan mengirimkan data dasar mengenai perangkat, seperti settings, dan kemampuan performa perangkat, sedangkan “Optional Diagnostic Data” akan mengirimkan semua diagnostic data dasar, bersamaan dengan informasi website yang kamu kunjungi, device health, device activity, dan peningkatan error reporting

Untuk pengguna Insider Fast Ring yang ingin mengubah active diagnostic data kamu hanya perlu mengunjungi halaman  Settings > Privacy > Diagnostics & feedback > Send Optional Diagnostic Data > Optional.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Mengenal Telemetri Baru Windows 10"