Cara Membuat Bootable Linux Dengan Mudah Menggunakan Rufus


Membuat Bootable Instalasi baik Windows dan Linux bisa dibilang sangat mudah, berbeda halnya ketika ingin membuat Bootable Hackintosh yang memang membutuhkan sedikit pengetahuan dan langkah yang lebih kompleks, pada kesempatan kali ini sesuai dengan judul artikel, mari kita buat Bootable Linux dengan menggunakan aplikasi bernama Rufus, karena kebetulan juga beberapa waktu lalu Ubuntu 20.04 LTS sudah dirilis. 

Langkah 1. Download Rufus pada halaman berikut


Langkah 2. Setelah file didownload silahkan kamu buka seperti aplikasi pada umumnya, selanjutnya kamu masukan Flashdrive yang akan kamu jadikan Bootable Linux. 


Langkah 3. Selanjutnya, setelah Flashdrive terdeteksi didalam Rufus seperti pada gambar diatas, klik pada tombol 'Select' untuk memilih file Instalasi Linux atau Windows yang kamu sudah punya. 

Pilih file ISO atau file Instalasi yang kamu akan jadikan Bootable kedalam FD
Langkah 4. Selanjutnya kamu pilih Partitions Scheme yang sesuai dengan perangkat kamu. 


Jika kamu menggunakan Legacy BIOS, biasanya perangkat yang digunakan akan menggunakan skema MBR, dan jika menggunakan UEFI biasanya skemanya adalah GPT, silahkan kamu sesuaikan dengan kondisi BIOS dan skema partisi HDD kamu. 

Langkah 5. Selanjutnya File System dan Cluster Size biarkan saja seperti itu, dan jangan diubah, selanjutnya jika merasa langkah 2 sampai 4 sudah kamu sesuaikan dan sudah dirasa siap, silahkan klik START. 


Untuk membuat Bootable Linux biasanya akan muncul notifikasi seperti gambar diatas, pastikan kamu sudah terkoneksi ke Internet dan pilih pada Write in ISO Image mode (Recommended), dan klik OK. Selanjutnya proses Format dan pembuatan Bootable instalasi akan berjalan, dan seluruh file akan dimasukan kedalam Flashdrive. 




Dan jika Rufus sudah berstatuskan Ready, maka selesai deh, sekarang kamu bisa melanjutkan instalasi Linux atau Windows menggunakan perangkat Flashdrive Bootable yang sudah kita buat pada artikel ini. 😁

Nah silahkan dicoba dan semoga berhasil, perlu diingat bahwa proses diatas akan menghapus data yang ada didalam flashdrive, jadi pastikan kamu membackup seluruh data penting didalamnya. 

0 Response to "Cara Membuat Bootable Linux Dengan Mudah Menggunakan Rufus"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel