Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Aplikasi Berjalan Ketika Startup Dengan Sedikit Delay


Salah satu hal yang kurang suka ketika pertama kali perangkat dinyalakan adalah munculnya beberapa aplikasi yang berjalan ketika startup, dan lagi aplikasi tersebut cukup penting sehingga tidak perlu dimatikan ketika proses startup sedang berlangsung, misalkan saja OneDrive dan Slack, kedua aplikasi tersebut selalu saya buat agar berjalan di Startup karena memang saya gunakan sehari hari. 

Nah karena hal tersebut cukup mengganggu, namun tetap saya gunakan kali ini kita akan sedikit merangkum sebuah langkah untuk membuat aplikasi tersebut berjalan ketika startup namun dengan sedikit delay, jadi ketika Windows 10 pertama kali dinyalakan, aplikasi tidak akan muncul langsung dan menunggu beberapa menit hingga waktu yang ditentukan tiba. 

Penasaran gimana caranya?, nah kita disini akan menggunakan metode menggunakan Task Scheduler yang memang sangat powerfull dalam hal konfigurasi Windows 10 baik itu system, dan app. Dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pastikan kamu menggunakan Windows 10 terbaru, dan juga menggunakan Windows 10 Pro sangat saya rekomendasikan. 

Langkah 2. Buka Task Scheduler, kamu bisa ketikan 'Task Scheduler' di Start Menu. 


Langkah 2. Selanjutnya kamu buat sebuah Folder dengan nama Startup Apps di Task Scheduler Library, nama folder bisa sesuaikan dengan selera kamu. (Disini saya menggunakan nama 'Delay Startups'). 


Langkah 3. Didalam folder yang sudah kita buat, klik pada 'Create Task' pada sidebar disebelah kanan. 


Selanjutnya Window Create Task akan terbuka tepat seperti gambar diatas. 

Langkah 4. Didalam Window Create Task, Masukan Nama dan Deskripsi agar idenfitikasi aplikasi mudah untuk dilakukan. 


Jangan lupa pada bagian Configure for kalian Set ke Windows 10. 

Langkah 5. Selanjutnya pada tab 'Trigger' klik New. 


Didalamnya, kamu set pada bagian Begin the task, menjadi 'At Startup', dan pada bagian Advanced Settings > Delay task for kalian set ke jeda waktu yang kalian inginkan, misalkan saja saya set ke 15 Menit saja. 


Jika sudah selesai, klik OK.

Langkah 6. Setelah itu, klik pada tab 'Action', dan klik New kembali. 


Didalamnya, pada bagian Actions ubah menjadi 'Start a program', dan pada Settings > Program kalian browse dan masukan directory dimana aplikasi kalian terinstal. 


Setelah selesai, klik OK. 

Langkah 7. Sebenarnya langkah ini Optional, karena jika kalian biarkan secara default juga tidak akan apa apa, namun pada tab 'Conditions' > Power kalian bisa set apakah aplikasi akan berjalan ketika perangkat terhubung ke power atau tidak. Karena saya ingin agar aplikasi Slack ini berjalan baik itu ketika laptop menggunakan data battery atau ac power, saya set seperti ini. 


Untuk Tab Settings, kalian lewati saja karena enggak terlalu penting, jika langkah 1 sampai 6 tadi sudah kalian selesaikan, silahkan Klik OK, dan selesai deh, kini setiap kali perangkat dinyalakan, aplikasi yang kalian atur sebelumnya akan berjalan ketika startup dengan delay yang telah kamu tentukan, bahkan ketika status startup di Task Managerpun terdisable, aplikasi akan berjalan sesuai dengan jadwalnya. 


Nah silahkan kamu coba sendiri, dan semoga berhasi ya, masa saya berhasil kamu enggak. 😁

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Membuat Aplikasi Berjalan Ketika Startup Dengan Sedikit Delay"