Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ubah Data Collections Di Windows 10 Menjadi Security


Windows 10 yang kita gunakan ini bagi yang belum tahu secara tidak langsung mengambil data dan informasi perangkat dan bahkan aktivitas pengguna, terkait masalah privasi ini jelas kurang menyenangkan, dan parahnya pada halaman Settings > Privacy > Diagnostic and feedback hanya menyediakan dua pilihan saja, yaitu Basic dan Full. 


Nah terkait hal itu, kita sebenarnya bisa mengubah konfigurasi default yang tadinya hanya ada dua menjadi empat bagian telemetri data collections yang berbeda, diantaranya ada Security, Basic, Enchanced, dan Full.  

Beda Jenis Data Collections Di Windows 10

Sebelum masuk ke tutorial alangkah baiknya kita mengenal dulu apa bedanya dari keempat hal tersebut.

Security
Value 0 (Security) dikatakan akan mengirim data yang sangat minimal ke Microsoft untuk menjaga Security Windows. Komponen Security Windows yang dikirimkan tersebut mencakup Malicious Software Removal Tool (MSRT) dan Windows Defender, kedua fitur atau komponen tersebut dapat mengirim data ke Microsoft.

Basic
Value 1 (Basic) salah satu yang tampil dan harusnya default bagi kebanyakan pengguna Windows 10 yang melakukan Settings Diagnostic and feedback ketika instalasi Windows 10, Basic ini akan mengirimkan data yang sama dengan Value 0, ditambah jumlah Diagnostic Data yang sangat terbatas seperti info perangkat dasar, data terkait kualitas, dan info kompatibilitas aplikasi.

Enchanced
Value 2 (Enhanced) mengirimkan data yang sama dengan Value 1, ditambah data tambahan seperti bagaimana Windows, Windows Server, System Center, dan aplikasi digunakan, bagaimana  perangkat Windows ini berkinerja, dan data realibility tingkat lanjut.

Full
Value 3 (Full) dikatakan akan mengirimkan data yang sama dengan nilai 2, ditambah Diagnostic Data lanjutan yang digunakan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan perangkat, diantaranya dapat mencakup file dan konten yang mungkin menyebabkan masalah dengan perangkat.

Dari ketiga diatas, sudah jelaskan bahwa saya rasa untuk masalah keamanan kita harusnya menggunakan yang Security, itupun kalo bisa kita langsung matikan saja karena memang secara tidak langsung bisa saja Microsoft memata matai aktifitas kita dalam menggunakan system operasinya. 

Cara Ubah Data Collections Di Windows 10 Menjadi Security

Nah langsung saja berikut adalah langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengubah Diagnostic Data and Feedback menjadi Security. 

Catatan Penting : Langkah diatas hanya dapat kamu lakukan di edisi Windows 10 Pro keatas, baik itu Educations atau Enterprise, untuk pengguna Windows 10 Home sayangnya langkah diatas tidak bisa dilakukan karena keterbatasan dalam hal konfigurasi yang diberikan. 

Langkah 1. Buka Group Edit Policy, kamu bisa ketikan saja 'gpedit.msc' di Start Menu. 


Langkah 2. Selanjutnya masuk ke Directory berikut : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Data Collection and Preview Builds.


Langkah 3. Selanjutnya pilih dan edit pada 'Allow Telemetry', dan ganti dari 'Not Configured' menjadi 'Enabled', selanjutnya pada bagian Options kamu ubah menjadi '- 0 (Security) [Enterprise Only]'. Tepat seperti gambar dibawah ini. 


Langkah 4. Setelah selesai kamu ubah, klik OK dan tutup Group Edit Policy, sekarang lihat pada halaman Settings > Privacy > Diagnostic and feedback, harusnya sekarang ada informasi yang mengatakan 'Some of these settings are hidden or managed by your organizations'. 


Nah silahkan kamu coba, terkait hal ini nih perlu diingat kembali bahwa langkah diatas hanya dapat kamu lakukan di edisi Windows 10 Pro keatas, baik itu Educations atau Enterprise, untuk pengguna Windows 10 Home sayangnya langkah diatas tidak bisa dilakukan karena keterbatasan dalam hal konfigurasi yang diberikan.



Silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah guys. Apa sudah kamu coba?
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Ubah Data Collections Di Windows 10 Menjadi Security"