Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Opera Browser Tampak Minimalis Ala Blog Sayugi


Dalam artikel kali ini saya akan sedikit membahas gimana sih caranya membuat tampilan Opera Browser terlihat minimalis, karena saya sendiri suka dengan Opera Browser dan sudah beberapa kali membuat konten terkait minimalis di Windows 10 yang artikelnya bisa kamu lihat pada halaman berikut

Nah disini saya menggunakan Opera Browser terbaru dengan versi 67.0.3575.137 yang tentunya akan selalu saya update jika sudah tersedia. 


Oke langsung saja deh, berikut adalah langkah langkahnya. 

1#. Set Tema Ke Dark Mode + Wallpaper Dark


Untuk wallpaper yang saya gunakan, bisa kamu download pada halaman Dropbox berikut. Dengan mengubah tema dan wallpaper dengan ala ala kegelapan, selain terlihat lebih minimalis, nyaman juga untuk digunakan. 

2#. Hilangkah Bookmark Bar

Agar terlihat semakin cantik dan minimalis, bookmark tidak perlu ditampilkan, terlebih jika kamu tidak pernah menggunakannya. Namun jika kamu masih merasa bookmark itu penting dan sering kamu gunakan, kamu bisa mengakses Bookmark Menu dengan tombol CTRL + SHIFT + B. 


3#. Sembunyikan Sidebar

Langkah ini bersifat optional, namun Sidebar menurut saya kurang bermanfaat untuk digunakan sehari hari, bahkan fungsinya tidak pernah saya gunakan karena saya sendiri lebih sering menggunakan keyboard shortcut untuk mengakses menu didalamnya, Jika kamu ingin menonaktifkan Sidebar, didalam Settings > Sidebar, Nonaktifkan 'Show Sidebar' dan 'Enable Notifications Badges for Messenger'. 


4#. Hilangkan Fitur Yang Tidak Perlu

Disini saya menghilangkan beberapa komponen UI yang menurut saya tidak perlu dan bahkan tidak pernah saya gunakan, seperti (Instant Search, My Flow, Crypto Wallet, Serach Popup dan Personal News),


5#. Kosongkan Halaman New Tab

Salah satu hal yang penting untuk menambah kesan minimalis adalah dengan mengosongkan halaman New Tab, pada Settings > Advanced > Start Page, ada beberapa hal yang saya ubah, seperti mengaktifkan hide search box, mengaktifkan hide speed dial, dan lainnya yang bisa kamu lihat pada gambar berikut. 


6#. Tambahan Cukup Penting

Saya bingung ini masuk ke poin mana karena masih lanjutan dari poin 4 dan 5, pada poin ini ada beberapa hal juga yang saya nonaktifkan, seperti Enable Workspace saya matikan, Show Tab Preview juga saya matikan, dan lengkapnya bisa kamu lihat pada gambar berikut deh. 


7#. Hide Extension dari Toolbar

Ada beberapa extensi yang saya sembunyikan dari toolbar, karena memang extensi tersebut bersifat pasif atau tidak harus kita klik sewaktu waktu. Caranya masuk kehalaman Extension > pilih Extension > Klik Detail > Pilih 'Hide from Toolbar'. 


Dan selesai deh, itulah cara membuat Opera Browser tampak minimalis ala Blog Sayugi alias Gylang Satria, setelah langkah diatas dilewati, berikut adalah tampilan Opera ketika digunakan dan dibuka pertama kali. 

Halaman New Tab
Ketika membuka website

Nah itulah Tips membuat Opera Browser tampak minmalis ala Blog Sayugi, silahkan kamu ikuti jika tertarik, enggak juga enggak apa apa, karena kesukaan orang itu berbeda beda, namun saya sendiri suka dengan settingan diatas, dimana selain beberapa fitur memang tidak saya gunakan, saya ingin meminimalisir adanya distractions yang tidak perlu sehingga produktifitas bisa lebih ditingkatkan. hehehe

Silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dibawah guys. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Membuat Opera Browser Tampak Minimalis Ala Blog Sayugi"