Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Dan Pengalaman Pemakaian Monitor LG 24MK600 - Murah Tapi Tidak Murahan


Sebelumnya saya ucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa bagi yang melaksanakannya, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mereview dan sedikit membahas pengalaman saya saat menggunakan Monitor LG 24MK600 yang selama kurang lebih 1 bulanan ini saya gunakan untuk keperluan harian. 

Sebelum melakukan pembelian, ada beberapa merek yang menjadi incaran saya, karena target pembelian saya batasi hanya 2 Juta Rupiah saja, hal tersebut karena memang budget yang terbatas, perlu diketahui bahwa penghasilan dari ngeblog itu enggak besar jadi ya hanya seginilah yang bisa saya keluarkan sekarang. Selain LG 24MK600, yang menjadi daftar pembelian ada AOC 24B1XHS dan SPC SM-19HD yang memang harganya bisa dibilang lebih murah dari LG 24MK600, namun setelah dipertimbangkan beberapa lama, saya akhirnya memutuskan untuk mengambil LG saja. Dan berikut adalah alasan kenapa saya lebih memilih LG 24MK600. 

Spesifikasi

Secara spesifikasi bagi orang awam seperti saya ini, LG 24MK600 ini memiliki spesifikasi yang lumayan dan bisa dibilang cukup bagus direntan harga yang cukup murah, membawa ukuran layar 24 Inch (23.8"), resolusi layar 1920 x 1080 px, respon time hanya 5 ms, color gamut NTSC 72%, dan yang paling saya suka adalah sudah menggunakan panel IPS dengan Refresh Rate 75Hz, sehingga ketika scrolling page itu enak dan smooth banget, dan viewing anglenya juga cukup enak. 

Via LG
Selain itu beberapa port yang disediakan juga cukup lengkap, dimana ada satu buah D-Sub Port, dan dua buah HDMI, dan satu buah Combo Audio Jack.


Spesial Feature

Selain spesifikasi yang saya sebutkan diatas, dalam menu settings LG 24MK600 ini ada juga beberapa pilihan picture mode yang bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan, meski saya sendiri tidak menggunakannya karena untuk keperluan harian mode standar saja sudah cukup, namun fitur yang disediakan ini cukup bagus untuk dicoba. 

Selain itu bagi pengguna AMD, LG 24MK600 ini juga mendukung AMD Free-Sync yang tentunya sangat berguna ketika pengguna sedang memainkan permainan. Dan saya mentions kembali, karena sudah menggunakan color gamut NTSC 72%, bisa dibilang untuk editing itu enak banget deh, kualitas warnanya beda banget dengan apa yang dibawa di monitor bawaan laptop saya Asus K401UQK. 


Selain itu juga, yang menarik dari perangkat ini adalah Power Consumptionsnya yang benar benar hemat daya, dimana dia hanya menggunakan daya sebesar 14.1W saja, sedangkan ketika dalam mode standby atau sleep mode, hanya menggunakan daya dibawah 0.3W. Ini tentunya cocok banget terutama untuk anak kos seperti saya ini. 

Secara keseluruhan fitur pengaturan monitor ini sama saja seperti pada umumnya, dan meskipun ada banyak mode, dan pengaturan, saya tidak pernah menyentuhnya dan pengaturan yang saya gunakan masih dalam keadaan default. Kecuali konfigurasi Refresh Rate yang memang saya ubah dari Display Settings Windows 10. 


Mendukung Vesa Mount

Nah salah satu alasan kenapa saya lebih memilih monitor ini dibandingkan dengan AOC 24B1XHS dan SPC SM-19HD adalah karena LG 24MK600 ini mendukung Vesa Mount, meskipun Vesa Mount dijual terpisah, tetapi dengan ukuran standar 75 × 75 yang disediakan, kita bisa menemukan berbagai merek dengan harga yang murah, untuk sekarang saya memang belum membeli Vesa Mount dan Arm untuk menggantikan Stand bawaannya, namun dengan adanya Vesa Mount, suatu saat ketika saya ingin menggunakan Mode Potrait untuk pekerjaan saya, saya bisa dengan mudah menggantinya. 

Resolusi 1080 Dalam Layar 24 Inch

Sudah lebih dari dua tahun saya menggunakan resolusi 1080 dilayar 14Inch, dan rasanya setelah saya menggunakan resolusi yang sama di layar 24 Inch itu wah enak dan nyaman banget, terlebih panel IPS, dan Refresh Rate yang menjadi fitur pelengkap dalam monitor ini membuat saya jadi kurang nyaman ketika menggunakan layar laptop lagi. 


Apalagi ketika melakukan pekerjaan yang membutuhkan area yang luas, 24 Inch dengan 1080p itu sudah cocok dan sudah cukup untuk meningkatkan produktifitas. 

Bezelless

Selain mendukung Vesa Mount, yang saya suka dari monitor ini adalah dia sudah memiliki bezel yang tipis pada area atas, dan samping kiri dan kanannya, sehingga tampak seperti monitor mahal. 😁


Harganya Berapa?

dulu saya membeli monitor ini seharga Rp 1.885.400, harga tersebut sudah termasuk biaya ongkos kirim gojek, biaya asuransi, dan biaya proteksi barang di tokopedia. Iya, saya beli monitor ini ditokopedia, karena untuk ke BEC saya agak males terutama ketika coronavirus sedang mewabah seperti ini. 


Yang di Bandung, bagi yang pengen beli monitor ini saya rekomendasikan belinya ditoko berikut, karena memang selain barang yang bagus, pelayanannya juga cukup memuaskan. (ini bukan sponsor). 

Rasa Dan Pengalaman Pemakaian

Selama kurang lebih satu bulan ini saya menggunakan Monitor LG 24MK600, saya rasa pengalaman ketika bekerja jadi lebih maksimal karena memang ukuran dan resolusinya yang terbilang cukup besar, selain itu ketika melakukan scrolling, dengan refresh rate 75Hz rasanya nyaman dan enak banget, apalagi jika kamu menggunakan Microsoft Edge Chromium yang memang sudah menggunakan teknologi Scrolling ala Edge Legacy yang lama, wah jelas mantap banget deh. 

Pokoknya nih selama saya menggunakan monitor ini tidak sedikitpun saya mengalami kekecewaan, dan saya sangat puas sekali. 

Kesimpulan

Meskipun saya bukanlah seorang Reviewer Professional, namun dengan sedikit tulisan ini saya harap pembaca mampu memahami bahwa monitor ini layak untuk digunakan, bukan karena harganya yang murah, namun fitur yang diberikan juga tidak murahan, terlebih mereknya LG, yang memang sudah lama berkecimpung dalam dunia permonitoran. Kesimpulannya ya saya sangat puas, udah itu aja. Kalo saya harus kasih nilai sih 8/10. 

Nah perlu diketahui juga bahwa artikel ini sepenuhnya berdasarkan pendapat dan opini saya selama menggunakan Monitor ini selama 1 bulanan ini, jadi bisa saja pengalaman dan rasa yang diberikan berbeda tergantung pendapat masing masing. 

Semoga bermanfaat. 

Referensi : Spesifikasi bisa dilihat pada halaman LG berikut.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Review Dan Pengalaman Pemakaian Monitor LG 24MK600 - Murah Tapi Tidak Murahan"