Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sembunyikan User System (mysql, portgreSQL, dll) Dari Lockscreen Elementary OS

Mungkin sebagai pengguna linux, ketika kamu menginstal beberapa aplikasi seperti mysql atau PostgreSQL, akan ada sebuah user account baru yang ditambahkan untuk proses autentikasi ke database. Akun tersebut harusnya sudah di disable secara otomatis oleh system, dan user tidak bisa menggunakannya sama seperti user account pada umumnya, namun kadang masalahnya adalah user tersebut akan muncul di Lockscreen, dan itu membuat kurang nyaman di mata pengguna.



Kenapa? karena jelas disana akan muncul user yang bahkan tidak bisa kita gunakan karena sudah terdisable, kita memang bisa menghapusnya secara manual, namun ketika dihapus proses sql tidak akan dapat berjalan sehingga services database tidak bisa digunakan.



Nah pada artikel ini, saya akan sedikit merangkum sebuah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan user account tersebut, baik itu dari System Settings atau di Lockscreen, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Cara Sembunyikan User System Dari Lockscreen Elementary OS

Langkah 1. Silahkan kamu buka terminal. 

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan masuk ke Directory berikut : /var/lib/AccountService/users, kamu bisa menggunakan perintah berikut:

cd /var/lib/AccountsService/users

Selanjutnya masukan perintah 'ls' untuk melihat user account yang ada di system linux kamu. Disini saya akan menghilangkah user account mysql yang saya tandai seperti pada gambar diatas. 

Langkah 3. Selanjutnya, silahkan kamu edit file mysql tersebut dengan menggunakan perintah berikut:

sudo nano mysql

Jangan lupa masukan password Root kamu. 

Langkah 4. Terakhir silahkan kamu ubah SystemAccount=false menjadi SystemAccount=true. 

Terakhir, silahkan kamu simpan konfigurasi yang telah diubah pada sebelumnya, di tools nano, kamu bisa menekan tombol ctrl + x untuk exit dan klik Y untuk yes, dan masukan nama, terakhir klik enter untuk menyimpan perubahan. Selanjutnya silahkan reboot Linux kamu yang mana dalam kasus saya disini saya menggunakan Elementary OS 5.1.4 Hera. 

Dan lihat hasilnya, kini sudah tidak ada lagi user mysql di Lockscreen dan System Settings, semua ini karena user mysql tersebut saya jadikan user system, yang mana akan disembunyikan dari user account normal. 



Silahkan kamu coba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Follow Blog Sayugi Fans Page di FB dan Follow juga Blog Sayugi di Google News

Terima kasih. 




Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Sembunyikan User System (mysql, portgreSQL, dll) Dari Lockscreen Elementary OS"