Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedikit Membahas Windows Terminal 1.0 - Saya Suka!


Kemarin, Microsoft meluncurkan Windows Terminal 1.0 yang merupakan versi stabil dari Windows Terminal yang sudah cukup lama berada dalam masa Preview dan pengembangan. Dilansir dari Windows Portal Indonesia, banyak fitur baru yang dimasukan kedalam Windows Terminal selama masa pengembangan tersebut, misalkan saja emoji-rich fonts, GPU-accelerated text rendering, custom themes dan lainnya. 

Apa itu Windows Terminal?

Mungkin sebagian pengguna umum Windows 10 yang tidak mengikuti pembahasan terkait Windows 10 sendiri ada yang belum mengenal Windows Terminal. Windows Terminal ini merupakan sebuah Tools yang didalamnya berisi beberapa Shell Command termasuk (Command Prompt, Windows PowerShell, dan bahkan Windows Subsystem for Linux), dalam versi Windows Terminal 1.0 sendiri, ada penambahan Azure Cloud Shell yang bakalan berguna banget bagi kamu pengguna Azure. 


Dengan Windows Terminal ini pula, kita bisa membuka banyak Shell Command secara berdampingan dalam satu jendela utuh dan dipisahkan dengan bagian Tab terpisah antar shell-nya masing masing. 


Windows Terminal Preview Masih Tersedia!

Selain itu, meskipun versi Windows Terminal 1.0 yang mana merupakan versi stabilnya sudah dirilis, namun Microsoft tidak menutup Windows Terminal Preview, dan pengguna masih dapat mendownload dan menginstalnya pada halaman Microsoft Store berikut


Kenapa Windows Terminal Ini Adalah Sebuah Tools Yang Bagus?

Kita tahu, di Windows 10 sendiri sudah tersedia Command Prompt dan Windows Powershell, bahkan pengguna bisa juga mendownload Windows Subsystem for Linux untuk menjalankan Bash Command, namun dengan Windows atau jendela yang terpisah, hal tersebut dirasa kurang elegan dan kurang bagus apalagi jika ada banyak Shell Command yang terbuka. Dan dengan Windows Terminal inilah hal tersebut bisa diatasi dengan sangat baik, karena semua dapat berjalan dalam satu aplikasi utuh secara berdampingan. 

Selain itu, nantinya Windows 10 akan mendapatkan sebuah Built-in Package Manager, dikutip dari Windows Portal Indonesia kembali, tools ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan instalasi aplikasi secara langsung melalui command shell, sehingga kurang lebih pengalaman yang diberikan akan sama dengan terminal di Linux atau Mac. 


Pengguna nantinya dapat menggunakan perintah ‘winget’ dan diikuti dengan ‘install namaaplikasi’, selanjutnya Windows akan secara otomatis mendownload dan menginstall aplikasi tersebut kedalam perangkat.

Hubungan hal tersebut dengan Windows Terminal tentu saja adalah namanya, Windows Terminal, identik dengan nama Terminal, dan pengguna Linux yang beralih ke Windows akan langsung mengenalnya dan langsung dapat melakukan instalasi aplikasi dari sana, meskipun memang pengguna juga bisa menggunakan aplikasi PowerShell secara terpisah. Namun dengan Windows Terminal ini, kebingungan tersebut akan sedikit teratasi. 

Kesimpulan

Saya sendiri bisa dibilang cukup sering membuka Command Prompt atau Windows Subsystem For Linux untuk masalah pengembangan aplikasi, meski sekarang agak jarang. Dan dengan Windows Terminal ini, saya bisa dengan mudah mengakses berbagai Command Shell secara langsung dan beralih Command Shell dengan cepat menggunakan kombinasi tombol CTRL + Tab, hal tersebut memang bisa dilakukan langsung dalam aplikasinya terpisah dengan menggunakan tombol kombinasi ALT + Tab, namun karena saya sendiri bisa saja membuka banyak aplikasi maka dengan Windows Terminal, semua dirasa cukup meringankan kinerja dan menambah produktifitas juga. 

Nah artikel ini bukanlah Review atau ulasan, namun lebih ke pembahasan singkat saja, namun jika pembaca tertarik, akan saya review dalam artikel kedepannya. Silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai Windows Terminal ini dikolom komentar dibawah. 

Download Windows Terminal dihalaman Microsoft Store berikut
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Sedikit Membahas Windows Terminal 1.0 - Saya Suka!"