Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takut Webcam di Hack? Lakukan Hal Ini di Windows 10!


Setelah saya nonton beberapa film terkait hacking dan masalah network security seperti Who Am I dan Mr. Robot, saya jadi sedikit khawatir juga terkait masalah privasi yang memang sekarang sungguh ironi, dimana kasus hacking dan pembajakan Microphone dan Webcam banyak dilakukan pada hacker tidak bertanggung jawab. 

Saya sendiri mungkin bisa dibilang salah satu orang yang selalu mengamati masalah perkembangan di perangkat saya, mulai beberapa bulan lalu semenjak saya beralih menggunakan full original software, dan mengerjakan skripsi terkait network security, saya jadi sering melakukan pengecekan Open Port dan lalulintas jaringan pada perangkat saya sendiri. Karena takutnya ada aplikasi yang ternyata mengirimkan sesuatu yang bisa saja berakibat fatal bagi data yang kita miliki. 

Disini saya menggunakan Windows 10 untuk keperluan harian, baik itu bekerja, menulis dan melakukan hal umum lainnya, selain itu saya juga menggunakan Elementary OS, namun Linux saya rasa tidak terlalu dikhawatirkan karena memang saya tahu apa saja yang saya install dalam Elementary OS yang memang bisa dibilang sangat bagus reputasinya dalam menjaga privasi. Di Windows 10 sendiri, saya menambah proteksi dengan Kaspersky Internet Security 2020 yang sudah saya gunakan hampir 3 tahun ini dan bagusnya didalam aplikasi tersebut kita bisa melihat Port Monitoring sehingga kita tahu port mana saja yang sedang digunakan. 


Amankan Webcam dan Microphone Melalui Windows 10

Nah terkait hal tersebut, ada juga beberapa langkah yang saya lakukan demi menjaga masalah privasi di Windows 10, salah satunya adalah memonitor atau bahkan mematikan akses aplikasi dari Webcam dan Microphone. Langkahnya kamu bisa masuk ke Settings > Privacy > Camera, kemudian pada 'Allow apps to access your camera' saya disable dan matikan. 


Kemudian langkah yang sama saya lakukan juga di Settings > Privacy > Microphone. 


Nah dengan dimatikannya akses tersebut, aplikasi apapun tidak akan lagi mendapatkan akses pada Webcam dan Microphone, termasuk browser, sehingga keamanan bisa dibilang sangat aman. Namun jika kita ingin menggunakan perangkat kita untuk video call, kita bisa mengaktifkan keduanya, sama seperti pada gambar diatas. 

Melalui Kaspersky Internet Security

Selain dari Windows 10, karena saya juga menggunakan Kaspersky Internet Security, didalamnya tersedia Webcam Protections yang bisa dibilang sama sama mengamankan Webcam dan akan memberikan notifikasi pada kita seandainya ada akses aplikasi yang terhubung dengan Webcam. 


Biasanya saya menghidupkan 'Block access to webcam for all applications' seperti yang saya tandai pada gambar diatas. Namun karena ketika artikel ini ditulis, saya menghidupkannya untuk melakukan video conference dengan beberapa teman saya. Btw jika diaktifkan dan ada aplikasi yang menggunakan akses webcam, akan ada notifikasi seperti berikut. 


Sehingga dengan itu, saya bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan akses Webcam, dan itu mantap banget deh. 

Kesimpulan

Nah jika kamu takut ada yang menggunakan akses Webcam dan Microphone di Windows 10 kamu, kamu bisa menggunakan langkah diatas, dan bonus jika kamu sudah menggunakan Kaspersky Internet Security, namun tentu saja untuk keamanan lebih, kamu bisa menutup Webcam dan Microphone secara langsung menggunakan stiker, dulu saya juga menggunakan langkah itu. Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih kita harus peduli terkait masalah tersebut? gini ya, jika laptop kita terbuka dan webcam secara tidak kita sadari sedang merekam aktivitas kita, maka ketika kamu sedang telanjang misalnya, maka seluruh foto dan rekaman yang tidak kamu sadari tersebut dapat terekspos dan bisa saja dijadikan bahan ancaman untuk kamu. Terutama bagi cewek nih, saya sangat khawatir tubuh indahnya bisa dilihat orang yang tidak bertanggung jawab, tapi kalo sama saya sendiri sih enggak apa apa. wkwkwk

Nah bagaimana menurutmu? apakah masalah privasi adalah hal yang perlu dikhawatirkan? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Takut Webcam di Hack? Lakukan Hal Ini di Windows 10!"