Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Canonical : Ubuntu Siap Dengan Windows Subsystem For Linux 2


Membahas dunia perlinux-san, baru baru ini Canonical mengungkapkan bahwa mereka sudah siap akan kehadiran Windows Subsystem For Linux 2 yang dirilis Microsoft pada Windows 10 May 2020 Update. 

Dalam masalah ini, Ubuntu bisa dibilang salah satu Distro Populer yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Windows Subsystem for Linux. Bahkan tidak lama setelah Canonical merilis Ubuntu 20.04 LTS, di Microsoft Store kini sudah tersedia juga Distro Ubuntu 20.04 LTS untuk para pengguna WSL, dan ini tentunya merupakan sebuah penambahan yang menarik mengingat ada banyak perbaikan dan penambahan fitur dalam versi Ubuntu terbaru tersebut. 

Baca Juga : Fitur Baru Ubuntu 20.04

"Ubuntu was the first Linux distribution for WSL and remains the most popular choice of WSL users. Ubuntu 20.04 LTS for WSL was released simultaneously with the general availability of Ubuntu 20.04 LTS in April," Ucap Canonical, dikutip dari News Softpedia.

"Ubuntu is ready for WSL 2. All versions of Ubuntu can be upgraded to WSL 2. The latest version of Ubuntu, Ubuntu 20.04 LTS, can be installed on WSL directly from the Microsoft Store. For other versions of Ubuntu for WSL and other ways to install WSL see the WSL page on the Ubuntu Wiki." Lanjutnya. 

Dilansir dari halaman Ubuntu, pengguna Ubuntu WSL 1 sebelumnya, disarankan untuk segera mengkonversi ke Ubuntu WSL 2. Tetapi sebelum itu harus ada 'Virtual Machine Platform' yang pengguna Instal terlebih dahulu di Windows 10 May 2020 Update. Langkahnya sendiri tidak sulit, pengguna hanya perlu membuka Windows Powershell as Administrator dan masukan perintah berikut:

dism.exe /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /all /norestart
Selanjutnya, silahkan Restart perangkat kamu dan segera konversikan Ubuntu WSL 1 ke WSL 2 dengan menggunakan perintah berikut:

wsl.exe --set-version Ubuntu 2
Nah untuk artikel terkait instalasi WSL 2, saya sudah membuatnya pada halaman Windows Portal Indonesia berikut, jadi silahkan kamu baca dan pelajari ya. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Canonical : Ubuntu Siap Dengan Windows Subsystem For Linux 2"