Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atasi Kursor Yang Lompat Ketika Sedang Mengetik Di Linux


Salah satu hal yang kurang saya suka akhir akhir ini adalah kursor yang pindah sendiri dan lompat ke lokasi tertentu ketika saya sedang mengetik, ini bukanlah masalah jika di Windows 10 karena sudah ada driver yang mengatur Palm Detections, namun beda halnya jika di Linux (saya pake Elementary OS). 

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, masalah kursor yang gerak dan pindah sendiri ini karena secara tidak langsung bagian tangan kita menyentuh touchpad, sehingga kursor akan mendeteksinya sebagai gerakan, jika Linux sudah memiliki opsi Palm Detections ini tidak akan menjadi masalah lagi. Namun sayangnya sampai sekarang setahu saya tidak ada opsi palm detections di Linux yang saya gunakan. 

Cara Atasi Masalah

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa melakukan konfigurasi di Setting dan Set pada Mouse dan Touchpad Sensitivity ke 30 - 45% saja, intinya jangan sampai terlalu di set sangat sensitif, karena kadang kursor tersebut suka menggila jika terlalu sensitif. 


Jangan lupa, keduanya kamu set, terutama yang paling penting adalah sensitifity Touchpad. 


Langkah Alternatif

Nah jika langkah diatas tidak berhasil mengatasi masalah tersebut, ketika kamu sedang mengetik saya sarankan untuk menonaktifkan touchpad dengan tombol kombinasi FN + F9 (jika di perangkat Asus tertentu), silahkan kamu cari tombol kombinasi tersebut dan sesuaikan dengan merek dan type laptopmu. 

Harusnya, Masalah Tidak Terjadi Pada Desktop Devices

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah ini terjadi karena touchpad, jadi buat pengguna Desktop harusnya tidak akan mengalami masalah ini, karena memang tidak ada touchpad yang akan ke klik karena masalah palm detections. 

Nah sekian tips dan langkah sederhana ini, silahkan dicoba dan semoga berhasil, setelah saya uji di Elementary OS 5.1.5 Hera, masalah dapat teratasi dengan langkah pertama, silahkan dicoba. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Atasi Kursor Yang Lompat Ketika Sedang Mengetik Di Linux"