Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Natural Copy Paste di Elementary OS


Elementary OS memiliki sedikit perbedaan dibandingkan para saudara Linux lainnya, dimana pada Terminal bawaannya opsi Copy Paste dapat kita lakukan langsung dengan tombol kombinasi CTRL + C untuk Copy dan CTRL + V untuk Paste. 

Nah itu tentunya merupakan hal bagus bagi mereka para pengguna Windows yang baru saja migrasi ke Linux, namun bagi pengguna Linux yang sudah lama berkecimpung didunia Open Source ini, tombol kombinasi tersebut agak sedikit membingungkan karena harusnya CTRL + C merupakan hotkeys untuk mematikan secara paksa proses pada terminal. 

Namun beruntungnya Opsi untuk mengubah hotkeys tersebut sudah tersedia di Settings, jadi bagi kamu pengguna Elementary OS yang ingin merasakan pengalaman Copy Paste Linux sejati dapat mengubahnya dan menonaktifkan Natural Copy Paste di Elementary OS tersebut. Berikut langkah langkah yang dapat kamu lakukan. 

Melalui Elementary Tweaks

Pastikan kamu sudah menginstall Elementary Tweaks terlebih dahulu, artikelnya dapat kamu lihat pada halaman berikut

Langkah 1. Jika Elementary Tweak sudah kamu install, silahkan kamu buka melalui halaman Settings > Tweak. 


Langkah 2. Selanjutnya di halaman Elementary Tweak, silahkan kamu masuk ke menu Terminal dan Set 'Natural copy paste' menjadi Off. 


Melalui Dconf Editor

Nah langkah ini sedikit advanced (sedikit) dan bagi kamu yang ingin bermain aman mendingan gunakan saja langkah pertama diatas karena jika mengalami kesalahan bisa saja system akan menjadi error. Namun jika dirasa tidak masalah berikut langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama download Dconf Editor di halaman App Center, jika sudah punya silahkan lanjutkan ke langkah nomer 2. 



Langkah 2. Selanjutnya silahkan buka Dconf Editor, dan masuk ke directory berikut : /io/elementary/terminal/settings/

Langkah 3. Selanjutnya silahkan scroll kebawah dan cari 'natural-copy-paste', silahkan kamu set ke Off, tepat seperti pada gambar berikut. 


Nah setelah langkah diatas kamu lakukan, baik itu menggunakan metode pertama atau kedua, harusnya keduanya sudah membuat kamu mematikan Natural Copy Paste di Elementary OS, sehingga dengan itu kini proses Copy akan menggunakan CTRL + SHIFT + C dan proses Paste akan menggunakan CTRL + SHIFT + V, dan CTRL + C akan berfungsi untuk Force Stop proses yang berjalan di Terminal. 

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mematikan Natural Copy Paste di Elementary OS"