Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Slingshot di Elementary OS Hera Tidak Bisa Ubah Grid Size!

Bagi para pengguna Linux dalam kasus kali ini Elementary OS, kita dulu bisa mengubah beberapa komponen penting OS yang mana salah satunya adalah Slingshot atau App Launcher di Elementary OS, kita bisa mengubah ukuran dari Grid Sizenya dan menyesuaikannya dengan jumlah yang kita mau, misalkan 6x5 atau 7x3. 

Sayangnya, sejak Elementary OS Hera dirilis, opsi kustomisasi tersebut sudah ditutup karena Slingshot sendiri sudah mendapatkan update yang menyesuaikan dengan OS itu sendiri, dengan kata lain kita kini hanya stuck dengan Grid Size 5x3 nya. 


Nah sebagai contoh, dulu di Elementary Tweaks di Settings, kita bisa mengubah jumlah grid tersebut sesuai dengan yang kita inginkan, namun sekarang jadi tidak bisa dan pada halaman yang sama hanya menyediakan opsi 'Show category view by default' saja. 

Selain itu, opsi yang sama tidak tersedia juga di dconf editor, sehingga sangat disayangkan, meskipun kamu cek dan ubek ubek sekalipun dconf editor kamu gak akan bisa mengembalikan opsi grid size tersebut. 

Tidak Ada Lagi Opsi Ubah Grid Size! Kecuali... 

Dilansir dari halaman Stack Exchange Elementary OS, kita bisa mengubah Grid Size tersebut dengan melakukan Downgrade Slingshot, namun sayangnya tentu itu Sangat tidak direkomendasikan. 

"The option of custom columns and rows is removed from the slingshot - that's why it is not in dconf editor neighter elementary-tweaks anymore. There are few closed issues on that into github and the new ones appear, but the team is working on another approach wich do not include these keys anymore." Ucap seorang pengguna

"The only way I know to achieve this functionality now is to downgrade the slingshot, which is not recommended, but this is what I did because I really miss a bigger apps grid. There is a guide how to achieve this on https://hastebin.atvg-studios.com/dobamidivi.txt it works flowlessly at the moment, but probably it will brake with the next update of the slingshot." lanjutnya. 

Nah bagi kamu yang kini menggunakan Elementary OS, sayangnya tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan opsi Grid Size tersebut, kecuali dengan melakukan Downgrade Slingshot yang memang sangat tidak direkomendasikan. Namun meskipun begitu, dengan jumlah dan ukuran 5x3 menurut saya sudah cukup untuk menemani produktifitas kita sebagai pengguna. 

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Slingshot di Elementary OS Hera Tidak Bisa Ubah Grid Size!"